OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Berita>
  • 10 Mobil Sedan Terbaik di Indonesia, Pilih Mana?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

10 Mobil Sedan Terbaik di Indonesia, Pilih Mana?

Dilihat 2119
EKO
5 Okt 2021, 18:51
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

toyota vios

Otoloka.id- Meski tidak banyak populasinya, namun mobil sedan di Indonesia tetap punya segmennya sendiri. Kesan yang melekat bagi orang yang mengendarai sedan adalah eksklusif, tak heran kalau mobil jenis sedan dianggap barang mewah di negeri ini.

Sudah jelas kenapa sedan dianggap barang mewah dan eksklusif, karena di mobil jenis sedan yang diutamakan adalah kenyamanannya. Fitur keselamatan berkendara yang lebih banyak, membuat banyak pengusaha menggunakan jenis sedan sebagai kendaraan sehari-hari.

Tak heran, meski punya kapasitas angkut terbatas, mobil berjenis sedan punya harga yang lebih mahal dibanding jenis lain yang punya daya angkut lebih banyak. Alasannya sederhana karena sedan masih dianggap sebagai barang mewah sehingga dikenakan pajak PPnBM yang tinggi. Namun tidak semua sedan dijual dengan harga yang mahal, ada beberapa jenis sedan yang berstatus sebagai mobil entry level, meski tidak semurah harga mobil keluarga yang pajak PPnBM-nya lebih murah.

Dalam laporan Gaikindo selama periode Januari sampai Agustus di tahun 2021, sebanyak 3.752 mobil jenis sedan yang laku dijual. Dari angka dan data tersebut, kami merangkum 10 mobil jenis sedan yang paling laris terjual.

Toyota Vios

Toyota Vios merupakan sedan kompak yang diperkenalkan pada tahun 2003, dan Vios saat ini merupakan generasi ketiga. Dikatakan kompak karena punya dimensi yang tak begitu besar, yaitu panjang 4.425 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.500mm.

Dengan menggendong mesin DOHC 1.500cc empat silinder segaris, tenaga yang dihasilkan Toyota Vios sebesar 150 daya kuda (dk), dengan torsi 140 Nm. Sedan berpenggerak roda depan ini punya dua pilihan transmisi, yaitu otomatis dan manual.

Di generasi ketiga Toyota Vios, terdapat beberapa penambahan fitur keselamatan, yaitu 7 SRS airbag, Hill Start Assist, dan Vehicle Stability Control. Selain itu, sistem pengereman ABS, EBD, dan BA juga terbenam pada Toyota Vios. Oh iya, sedan ini juga lulus uji tabrak Asean NCAP dengan skor 5 (lima).

Terdapat tiga varian, yaitu E transmisi manual, G manual, dan G CVT alias otomatis. Untuk tipe G CVT merupakan mobil sedan yang paling laris, karena selama tahun 2021 ini mobil tersebut terjual sebanyak 646 unit, yang dibanderol seharga Rp 283.300.000.

Toyota Camry

Untuk sedan kelas menengah Toyota, siapa yang tak kenal dengan Camry. Mobil ini sudah dikenalkan ke Indonesia sejak tahun 1998 silam, dan saat ini sudah memasuki generasi ke delapan.

Sebagai pengisi segmen kelas menengah, ternyata Toyota Camry termasuk sedan yang laris di pasaran, karena mobil ini tak hanya dipakai sebagai kendaraan bos-bos saja, banyak pejabat pemerintah juga menggunakan sedan ini sebagai kendaraan dinasnya.

Terdapat dua varian pada Toyota Camry, yaitu G dan V. Kedua varian tersebut menggunakan mesin 2.500cc dengan transmisi otomatis. Dari data Gaikindo, selama tahun 2021 ini, Toyota Camry dengan tipe V terjual sebanyak 421 unit yang dijual seharga Rp 682.550.000.

Toyota Corolla Altis

Toyota Corolla Altis hadir di antara Vios dan Camry sebagai sedan yang juga kelas menengah, namun kehadirannya menjadi legenda di tanah air yang sudah ada sejak tahun 1980 lewat Corolla DX.

Di generasi yang ke sebelas ini, Corolla Altis mengadopsi mesin DOHC 1.800cc bertransmisi otomatis. Sederet fitur juga terbenam pada sedan ini, contohnya seperti Clearance Sonar System, Rear Cross Traffic Alert, dan Blind Spot Monitor.

Selain itu, sistem bantuan pengemudi seperti Pre Collision System, Lane Departure Alert, dan Adaptive Cruise Control juga tersedia pada sedan ini. Selama Januari sampai Agustus 2021, sedan ini sudah laku terjual sebanyak 355 unit, dan dijual seharga Rp 517.550.000.

Honda Civic

Sama seperti Toyota Corolla, Honda Civic juga merupakan salah satu model yang legendaris. Sejak diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 1972, saat ini Honda Civic sudah sampai generasi ke sembilan.

Civic bisa jadi hadir sebagai rival dari Corolla, namun jelas dari mesin sudah berbeda. Mesin yang digendong Honda Civic hanya DOHC 1.500 cc, namun pada generasi ini sudah dibenamkan turbo. Tak heran tenaga yang dihasilkan sebesar 170 dk dengan torsi 220 Nm.

Honda Civic sedan merupakan varian yang memikat banyak konsumen Indonesia, terutama anak muda. Tak heran kalau sedan ini laku sebanyak 236 unit, dengan harga jual sebesar Rp 533.000.000.

Hyundai Ioniq Electric

Hyundai bisa dibilang belum begitu lama hadir di Indonesia, namun saat ini banyak pembaharuan yang dilakukan pada produk-produk jajarannya. Salah satunya adalah Hyundai Ioniq EV.

Bisa dibilang Hyundai Ioniq merupakan pelopor dari sedan dengan tenaga listrik yang hadir di Indonesia. Dengan motor listrik berdaya 100 kW atau sebesar 134 dk dan torsi yang mencapai 295 Nm membuat sedan ini nyaman dan tanpa suara.

Meski terbilang baru, nyatanya Gaikindo mencatat penjualan mobil ini sudah terjual sebanyak 198 unit selama periode Januari sampai Agustus 2021 untuk tipe Signature yang dijual seharga Rp 677.000.000.

Honda Accord

Sedan besutan Honda yang juga laris adalah Accord, yang saat ini sudah memasuki generasi ke sepuluh. Hadir di Indonesia pada tahun 1978 silam, Honda Accord sudah lekat dengan mobil sedan dengan kelas menengah yang jadi pesaing dari Toyota Camry.

Honda Accord terbaru ini hanya punya satu varian, yang punya spesifikasi mesin DOHC 1.500 cc dengan turbo bertransmisi otomatis. Meski terbilang kubikasinya kecil, namun tenaga yang dihasilkan mesin ini sebesar 187 dk dan torsi puncak 260 Nm.

Sedan kelas menengah yang irit dan canggih tersebut dijual seharga Rp 749.000.000 dan sudah terjual sebanyak 169 unit selama tahun 2021 ini.

Mercedes Benz C 200 AMG

Mercedes-Benz C 200 AMG merupakan sedan yang menyasar para eksekutif muda. Tipe ini merupakan salah satu yang laris di pasaran karena bodinya kompak, sehingga mudah bermanuver di kondisi jalanan Indonesia.

Dari beberapa varian C 200, tipe AMG merupakan yang paling laris, ini karena punya kubikasi mesin yang terbilang mumpuni, yaitu bermesin 2.000 cc dengan keluaran tenaga 258 dk dan torsi puncak 390 Nm, kemudian disalurkan melalui transmisi otomatis berpenggerak roda belakang.

Soal kenyamanan dan keselamatan jangan ditanya, mobil Eropa memang sudah menyematkan beberapa fitur keselamatan aktif dan pasif pada C 200 AMG. Keunggulan tersebut membuat Mercedes C 200 AMG terjual 133 unit dengan harga Rp 920.000.000.

Bmw 320i

Salah satu pabrikan Jerman lain, yaitu BMW menghadirkan 320i sebagai penantang sesama pabrikan Jerman, yaitu Mercedes C 200. Dengan perbedaan karakter membuat BMW tipe tersebut punya pecintanya tersendiri.

BMW 320i juga punya mesin dengan kubikasi 2.000cc dengan twin turbo yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 181 dk, dengan torsi sebesar 300 Nm. Tenaga tersebut disalurkan kepada sistem transmisi otomatis berpenggerak roda belakang.

Terdapat beberapa fitur keselamatan aktif pada mobil ini, namun untuk keselamatan pasifnya, mobil ini hanya punya airbag sebanyak enam buah saja, lebih sedikit dibanding pesaingnya. BMW 320i di tahun 2021 laku terjual sebanyak 125 unit yang dijual seharga Rp 859.000.000.

Mercedes Benz C 300 AMG

Setingkat di atas C 200, Mercedes C 300 AMG juga menjadi sedan yang laris di Indonesia dengan jumlah penjualan sebanyak 123 unit selam tahun 2021. Mobil sedan tersebut selain punya desain yang mewah dan modern, tetapi sederet fitur yang lebih lengkap menjadikan C 300 AMG menarik minat konsumen Indonesia.

Untuk mesin, yang dibenamkan pada C200 dan C 300 merupakan mesin yang sama, yaitu 2.000cc yang menghasilkan tenaga 258 dk dan torsi sebesar 390 Nm. Untuk sedan ini menggunakan transmisi otomatis 9G-Tronic berpenggerak roda belakang.

Dengan kenyamanan dan keamanan ekstra membuat Mercedes-Benz C 300 AMG punya harga lebih mahal sedikit dibanding C 200, yaitu Rp 1.020.000.000.

Bmw 330i  

Untuk seri 320 dengan 330 memang sepertinya tidak ada perbedaan, tetapi jelas pabrikan Jerman ini memberikan ekstra kenyamanan dan tenaga pada BMW 330i yang pada periode Januari sampai Agustus 2021 sudah terjual sebanyak 119 unit.

Pada BMW 330i, meskipun sama-sama bermesin 2.000 cc twin turbo, namu keluaran tenaganya berbeda, karena sedan tersebut menghasilkan tenaga 248 dk dengan torsi 350 Nm bertransimi otomatis delapan percepatan.

Sedan berpenggerak roda belakang ini juga tersemat beberapa fitur keselamatan aktif dan pasif yang mumpuni, yang dibanderol dengan harga Rp 1.009.000.000.

(dng)

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya