logo
googlePlay
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
Masuk
    • whatsapp
    • facebook
    • twitter

    Cargloss: Helm Standar SNI Harus Lewati 5 Pengujian

    Dilihat 1258
    Ismet
    Ikuti

    Otoloka.id - Helm merupakan perangkat otomotif dengan fungsi sangat vital, yakni melindungi kepala pengguna sepeda motor saat terjadinya kecelakaan. Untuk itu jangan asal dalam memilih helm demi keselamatan Anda. Helm yang digunakan harus mempunyai kualitas yang baik.

    Helm dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) menjadi hal yang minimal dikantongi sebagai standarisasi penggunaan helm. Salah satu helm lokal yang familiar di kalangan para bikers adalah Cargloss yang sudah cukup lama berkecimpung di industri helm yang sudah termasuk kategori SNI.

    Baca juga : Shell Indonesia Luncurkan V-Power Nitro+, Pesaing Pertamax Turbo

    “Cargloss Helmet yang sudah berkecimpung dalam bisnis produksi dan penjualan helm sejak 2002 sangat menaruh perhatian besar pada faktor keselamatan para pengendara sepeda motor. Cargloss Helmet menyadari betul bahwa keselamatan konsumen di atas segalanya demi masa depan bangsa,” jelas Endin Nasrudin, General Manager Cargloss Helmet.

    Endin menambahkan, faktor kualitas helm produksi Cargloss Helmet dibuat sesuai dengan regulasi yang berlaku. Dan hal ini dipastikan tidak akan disalahgunakan demi keuntungan bisnis semata.

    Oleh karenanya, membuat helm dengan kualitas terbaik menjadi perhatian penting dan tentu sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) 1811:2007 yang menetapkan spesifikasi teknis untuk helm pelindung yang digunakan oleh pengendara dan penumpang kendaraan bermotor roda dua, meliputi klasifikasi helm standar terbuka (open face) dan helm standar tertutup (full -face).

    Cargloss Helmet sendiri memiliki lab pengujian helm. Fasilitas uji Cargloss Helmet Quality Assurance ini sesuai dengan regulasi SNI 1811:2007, JIS 8133:2007 dan ECE:2002.

    Terdapat 5 alat uji untuk memastikan kualitas dari produk Cargloss Helmet sebelum dipasarkan dengan tingkat keselamatan sesuai dengan standar, yakni

    1. Tracking Point

    Alat yang berfungsi untuk menentukan titik pengujian pada helm. Ada 4 titik pengujian dalam 1 helm mulai dari bagian atas helm, bagian samping kanan helm, bagian samping kiri helm dan bagian belakang helm

    2. G – Shock Test (Uji Penyerapan Kejut)

    Alat yang berfungsi untuk menguji ketahanan helm terhadap benturan benda tumpul atau bidang datar. Nilai hasil pengujian tidak boleh lebih dari 300G

    3. Penetrasi Test

    Alat yang berfungsi untuk menguji ketahanan helm terhadap benturan benda tajam. Jika alarm alat uji tidak berbunyi maka hasil pengujian di nyatakan “ OK “. Jika alarm alat uji berbunyi maka hasil pengujian dinyatakan “ NG “ .

    4. Chinstrap – Test (Uji Kekuatan Penahan)

    Alat yang berfungsi untuk menguji ketahanan penahan tali dagu helm. Indikator dalam pengetesan ini, tali dagu tidak boleh mengalami perpanjangan lebih dari 32 mm.

    5. Roll Of – (Uji Efektifitas Penahan)

    Alat yang berfungsi untuk menguji efektifitas penahan tali dagu helm. Hasil uji dinyatakan ok jika helm tidak lepas dari alat uji. 

    Baca juga : Dreams Cafe Jadi Kafe Pertama Honda di Dunia, Ini Fasilitasnya

    Meski helm Cargloss sudah mempunyai standar SNI, tetaplah waspada dengan peredaran helm palsu. Selalu perhatikan logo SNI berupa emboss atau huruf yang timbul, demi melindungi kepala saat berkendara. Penggunaan helm tersebut bisa meminimalisir resiko cedera fatal akibat kecelakaan.

    Bagikan dengan :
    • whatsapp
    • facebook
    • twitter
    report
    Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya.
    Akses kami lebih nyaman dan mudah!

    Kendaraan Terkait

    Rekomendasi

    Komentar (0)

      pertamina
      shell
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya

            Berita Terpopuler