All New Honda BR-V Buatan Karawang Mulai Diekspor

Otoloka.id- PT Honda Prospect Motor (HPM) semakin memperkuat industri otomotif Indonesia dengan produk barunya, all new BR-V. Mobil kategori low Sport Utility Vehicle (LSUV) Honda tersebut terbukti bisa diserap pasar internasional dengan diekspor hingga ke-30 negara di seluruh dunia.

Seremoni resmi eskpor perdana all new Honda BR-V ini berlangsung di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, hari ini, 16 Maret 2022. Untuk pengiriman pertamanya kali ini, all new Honda BR-V dikirim ke beberapa negara di Kepulauan Karibia, yaitu Barbados, St. Lucia, Trinidad dan Tobago sebanyak 69 unit.

“All new BR-V merupakan produk eksklusif produksi di Indonesia. Dengan kualitas dan daya tarik yang dimilikinya, banyak permintaan dari negara-negara lain di dunia,” ucap Takehiro Watanabe selaku Presiden Direktur PT HPM saat seremoni pelepasan ekspor all new Honda BR-V.

Ekspor perdana All New Honda BR-V ini dilakukan secara langsung oleh Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita. Agus mengungkapkan apresiasinya terkait ekspor perdana All New BR-V yang disebutnya sebagai mobil Indonesia karena penggunaan komponen lokal yang sudah lebih dari 80 persen.

“Kami mengapresiasi setinggi-tingginya untuk HPM, bahwa produk BR-V ini diekspor dan kali ini komponen lokalnya sudah mencapai 80 persen. Jadi tidak salah rasanya dan sangat bangga bahwa mobil yang diekspor ini adalah mobil buatan Indonesia,” kata Agus Gumiwang.

Lebih lanjut, Watanabe juga menjelaskan, HPM telah melakukan kegiatan ekspor sebelum BR-V. Sejak 2019 HPM telah mengekspor Honda Brio ke negara Vietnam dan Filipina. HPM juga telah mengekspor Honda Freed ke beberapa negara seperti Thailand, Malaysia, Singapura, dan Afrika Selatan sejak 2009 hingga 2014.

Tak hanya ekspor mobil utuh, HPM juga telah mengekspor komponen-komponen mobil sejak 1992 ke berbagai negara yakni Jepang, Thailand, Malaysia, Vietnam, Taiwan, India, Pakistan, Mexico dan Brazil.

All new Honda BR-V yang diekspor ini merupakan hasil produksi pabrik milik Honda yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Sebanyak 6.000 unit ditargetkan oleh HPM bisa diekspor hingga Desember 2022 mendatang.

  • 0
  • Share
IsmetIsmet bekerja sebagai jurnalis sejak tahun 2012 dan dimulai di Tabloid Motorplus (Kompas Gramedia). Senang dengan dunia otomotif roda dua dan sempat bekerja di beberapa media otomotif lainnya, menjadikan Ismet menggemari juga dunia otomotif roda empat, hingga akhirnya sekarang bergabung di Otoloka.id dan dinamika dunia otomotif selalu menjadi hal yang menarik baginya.
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!