All-New Honda Civic Type R 2023 akan tampil perdana di AS pada Juli 2022

Otoloka.id- Setelah tampil di Sirkuit Suzuka beberapa waktu lalu, all-new Honda Civic Type R 2023 akan debut di depan publik Amerika Serikat, tepatnya pada 1-3 Juli 2022 dalam ajang Honda Indy 200 NTT INDYCAR SERIES di Sirkuit Mid-Ohio Sports Car Course.

Karena yang akan tampil merupakan prototipe, maka dalam ajang balap tersebut, all-new Honda Civic Type R 2023 sepenuhnya akan dilabur dengan sticker kamuflase berwarna merah. Mobil tersebut akan melakukan demonstrasi putaran di awal balapan yang digelar pada Minggu, 3 Juli 2022.

All-new Honda Civic Type R 2023 memang sudah memiliki jaminan untuk dipakai di ajang balap. Pasalnya, mobil tersebut telah mencatat rekor baru sebagai mobil penggerak roda-depan (FWD) di Sirkuit Suzuka, dengan catatan 2 menit 23,120 detik untuk melibas trek putaran angka 8.

Dengan raihan rekor tersebut, bahkan model terbaru ini memecahkan rekor sebelumnya yang dibuat oleh Honda Civic Type R Limited Edition 2021 dengan perbedaan waktu hampir satu detik saja, beda tipis, sih padahal model edisi terbatas tersebut dibuat khusus untuk melaju di trek, dengan bobot yang ringan.

Sebagai mobil yang punya rekor lebih cepat dibanding model tahun 2021, rumornya model tahun 2023 menggunakan mesin yang sama, yaitu 2.0 liter turbocharged empat-silinder, namun memiliki keluaran tenaga sebesar 306 daya kuda, serta torsi sebesar 399 Nm.

Untuk melaju lebih cepat, mobil prototipe tersebut juga menyematkan komponen pendukung, seperti spoiler dengan ukuran besar untuk aerodinamis, stabilitas, dan daya tekan gravitasi yang diakomodir oleh ban khusus trek yang menambah daya cengkram ke aspal.

Ada alasan kenapa all-new Honda Civic Type R 2023 ditampilkan di ajang Honda Indy 200, pasalnya model Civic Type R menjadi sponsor dari ajang tersebut. Dalam ajang yang digelar di atas sirkuit berjarak 327,05 kilometer ini, Honda telah memenangkan 11 dari 16 balapan yang digelar kembali sejak 2007 silam.

Selain itu, American Honda selaku agen pemegang merek juga memiliki sejarah panjang di Ohio, tempat balapan digelar, karena pada 1982 membuka fasilitas di Ohio. Saat ini, pabrik Ohio menjadi fasilitas manufaktur sekaligus pusat penelitian dan pengembangan utama, dengan kapasitas produksi 650 ribu kendaraan dan 1,18 juta mesin per tahunnya. ##

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!