New Range Rover Sport Meluncur, Langsung Demonstrasi di Spillway Bendungan Islandia

Otoloka.id- Suatu kemampuan, baru bisa dipercaya ketika sudah dibuktikan. Begitu pun dengan all-new Range Rover Sport yang telah diluncurkan secara global, langsung membuktikan kemampuannya melalui demonstrasi pendakian di bendungan Karahnjukar, Islandia.

Pendakian yang dilakukan oleh all-new Range Rover Sport, merupakan pembuktian dari tantangan mengenai kapabilitas sport-utility vehicle (SUV) premium tersebut dalam menjelajah, yang difilmkan dengan judul "Spillway". Jessica Hawkins sebagai stunt driver di film James Bond, berada di balik kemudi dan kali ini jadi pemeran utama.

Di dalam film, sebelum melakukan pendakian spillway (jalur pelimpah) sebagai tujuan akhir, all-new Range Rover Sport terlebih dahulu melewati dasar sungai, lalu melewati terowongan yang merupakan dinding bendungan itu sendiri, hingga harus mendaki jalur berbatu untuk sampai di area 'Spillway'. 

Spillway dijadikan nama film lantaran pendakian di area tersebut yang paling menantang, karena memiliki lintasan sepanjang 193 meter dengan aliran air berkecepatan 750 ton per menit. Gilanya, jalur pelimpah tersebut berada di atas tebing dengan ketinggian 90 meter. Duh!

“Kekuatan air yang mengalir sangat menakjubkan dari sisi lembah. Mengemudi ke dalamnya, dan mengetahui di belakang terdapat jurang setinggi 90 meter, jika ada kesalahan, ini menjadi mengemudi paling menantang yang pernah saya lakukan,” ungkap Jessica Hawkins.

“Meski tanjakan terjal dan air deras, all-new Range Rover Sport membuatnya terlihat mudah. Traksi, ketenangan, dan terlihat menguasai menimbulkan begitu banyak kepercayaan diri, sehingga saya dapat menikmati seluruh pengalaman,” tambahnya.

Epiknya dokumentasi Spillway, menjadikan film tersebut sayang kalau hanya tampil di website atau youtube saja. Makanya Jaguar Land Rover UK bermitra dengan lembaga penyiaran Sky Media, dan menjadikan film tersebut sebagai iklan di program dan acara penting mereka untuk mencakup lebih banyak konsumen. 

Nah, mengenai kemampuan jelajah Range Rover Sport terbaru ini, didasarkan pada Modular Longitudinal Architecture (MLA-Flex) yang canggih dan fleksibel, sehingga memberikan penopang terbaik untuk melewati berbagai medan.

Arsitektur tersebut juga punya cakupan luas untuk powertrain, seperti mesin konvensional, mesin mild hybrid bensin dan diesel, plug-in hybrid, sampai powertrain listrik murni berbasis baterai yang direncanakan hadir pada 2024 mendatang.

SUV premium asal Inggris ini juga dibekali dengan Stormer Handling Pack terbaru selaku kontrol sasis, yang berisi beberapa fitur seperti Dynamic Response Pro, All-Wheel Steering, Electronic Active Differential dengan Torque Vectoring, dan beberapa program konfigurasi lain.

Mengimbangi Stormer Handling Pack, dibenamkan juga Dynamic Air Suspension. Suspensi yang pertama kali diaplikasikan di jajaran Range Rover Sport ini dapat diatur tekanan udaranya untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara.

Karena berstatus SUV premium, di dalam kabinnya disematkan penjernih udara Cabin Air Purification Pro untuk menjaga kesehatan penumpang. Sistem hiburan Pivi Pro ditampilkan melalui layar sentuh 13,1 inci berpadu dengan sistem audio Meridian Signature Sound sebanyak 29 buah speaker.

Dirakit di pabrik Solihull Manufacturing Facility UK, Range Rover terbaru bakal dilego dengan harga awal 79,125 untuk varian standar hingga 101,485 pound sterling untuk varian first Edition. Wah, berarti sekitar 1,4 hingga 1,8 miliar rupiah. ##

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!