Otoloka.id - Salah satu pemasok utama iPhone, Foxconn dikabarkan akan ikut meramaikan industri mobil listrik dengan nama Foxtron.

Saat ini Foxconn Technology Group sebagai raksasa komponen elektronik dari Taiwan telah meluncurkan tiga kendaraan listrik yang juga hasil kerja sama dengan produsen mobil Yulon Motor.

Begini Realisasi Paling Memungkinkan dari Terwujudnya Mobil Apple

Seperti dilansir Motor1, ketiga kendaraan listrik tersebut adalah Foxconn SUV kompak Model C, sedan yang didesain Pininfarina Model E, dan bus Model T.

Dengan demikian, sebuah mimpi Apple untuk membuat mobil bisa disebut satu tahap menuju kenyataan—setidaknya melalui pemasok seperti Foxconn.

Ketiga kendaraan listrik Foxtron telah diperkenalkan ke hadapan publik di Hon Hai Tech Day 2021.

Sayangnya, ketiga kendaraan tersebut masih belum ada keterangan soal teknisnya.

Yang baru bisa diketahui adalah Yulon telah mengkonfirmasi bahwa ketiga produk tersebut akan menjadi model pertama yang dipasarkan Foxtron.

Baca juga: Jangan Salah Beli, Catat Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Kona Electric 2021

Jadi Produsen Otomotif

Pada kesempatan tersebut perusahaan menyatakan visinya untuk menjadi produsen otomotif. 

Sebagai informasi tambahan, Foxconn punya sepak terjang tinggi dalam memproduksi ponsel pintar, tablet, speaker pintar, dan banyak lagi untuk banyak perusahaan, termasuk Google, Microsoft, dan Amazon.

Dengan bekal tersebut juga Foxconn percaya diri dengan pernah menggandeng produsen kendaraan listrik Fisker di AS. Lebih dari itu, Foxconn dikatakan juga telah mengembangkan sasis dan platform software kendaraan listrik sendiri.

Baca juga: Toyota Kembali Gelontorkan Dana untuk Baterai Mobil Listrik

Guna mewujudkan visi tersebut, Foxconn juga dikabarkan telah membeli pabrik bekas perusahaan startup Lordstown Motor di AS.

Tempat tersebut dinilai sangat ideal dari segi infrastruktur karena perusahaan sebelumnya juga tengah berjibaku membuat mobil listrik.

Seakan tak mau setengah-setengah dan menanggulangi krisis chip semikonduktor yang melanda industri global, Foxconn juga telah mengakuisisi produsen chip dalam negeri.

Persoalan chip memang tidak bisa dianggap sepele, padahal Foxconn adalah raksasa yang membuat iPhone.

  • 0
  • Share
AmandaTidak ada Biodata penulis
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!