Royal Enfield Scram 411 Diluncurkan

Otoloka.id- Pada Selasa, 15 Maret 2022 Royal Enfield resmi merilis sepeda motor bergaya urban scrambler yang bernama Royal Enfield Scram 411. Jika familiar, memang model ini mengambil basis dari motor penjelajah mereka, Royal Enfield Himalayan.

Sebenarnya, Royal Enfield Scram 411 merupakan Himlayan yang disesuaikan saja untuk bisa dipakai di area perkotaan. Bagian terpenting seperti mesin dan rangka masih sama seperti yang digunakan oleh Royal Enfield Himalayan.

Seperti yang sudah dijelaskan, Royal Enfield Scram 411 menggunakan mesin yang sama dengan Himalayan, yaitu mesin berkubikasi 411 cc satu-silinder dengan pendingin cairan. Mesin tersebut menghasilkan tenaga sebesar 23,4 daya kuda di 6.500 rpm, dengan torsi mencapai 32 Nm di 6.500 rpm.

Suspensi yang dikira akan disesuaikan, ternyata tetap menggunakan yang sama seperti Himalayan, yaitu menggunakan suspensi depan teleskopik diameter 41 mm dengan travel sebesar 190 mm. di bagian belakang menggunakan mono shock dengan travel 180 mm.

Ada lagi yang tak berubah, yaitu sistem pengereman yang dipakai oleh Royal Enfield Scram 411 yang menggunakan rem cakram kaliper dua piston. Sementara bagian belakang mendapat sokongan rem cakram satu piston. Kedua rem terhubung dengan teknologi ABS dual channel.

Untuk kaki-kakinya, menjadi bagian yang disesuaikan pada Scram 411 untuk kebutuhan perkotaan. Motor tersebut menggunakan roda berukuran 19 inci untuk bagian depan, dan 17 inci untuk roda belakang. Kedua roda mendapat balutan ban dual purpose.

Dengan sedikit penyesuaian, membuat Royal Enfield Scram 411 memiliki ground clearance sebesar 200 mm, lebih rendah 20 mm dari Himalayan. Jarak pijak kaki dengan jok juga lebih rendah 5 mm dari Himalayan, yaitu sebesar 795 mm.

Bagian lain yang juga disesuaikan adalah windshield yang harus dilepas, karena tidak nyambung dengan konsep, dan itu digantikan dengan tempurung yang menaungi lampu utama berbahan metal yang dikelir senada tangki.

Nah, tangki pada Royal Enfield mendapat perlindungan dari batang besi yang mirip seperti rangka fairing. Bagian itu diganti dengan penyematan shroud di kedua sisi yang lumayan bikin manis tampilan motor dual purpose tersebut.

Merujuk dari situs resminya, Royal Enfield Scram 411 saat ini sudah tersedia di pasar India, dan menyusul untuk pasar Eropa, Asia Pasifik, Amerika Utara dan Latin dalam waktu dekat, sementara untuk pasar Amerika Serikat di pertengahan tahun. Untuk harganya, masih rahasia. <IDR>

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!