BMW i4 dan iX Mendapat Update Soundtrack Terbaru

Otoloka.id- Agar selalu mendapat layanan terkini, pabrikan otomotif selalu memperbaharui perangkat lunak terhadap lini produknya. BMW kali ini menghadirkan pembaharuan soundtrack baru untuk lini produk i4 dan iX ketika pelanggan mengunduh perangkat lunak versi terbaru.

Nantinya, soundtrack terbaru yang tersedia, akan berbeda peluncurannya. Pada model i4 akan tersedia pada kuartal pertama tahun 2022, sementara iX pada kuartal kedua tahun ini yang keduanya diluncurkan secara global dan bersamaan.

Seperti yang dikutip dari carexpert.com, pembaharuan soundtrack tersebut digarap oleh Hans Zimmer, komposer terkenal yang menggarap soundtrack untuk film Gladiator, The Dark Knight, Interstellar, dan masih banyak lainnya.

Kerja sama antara BMW dengan komposer berdarah Jerman tersebut memang bukan sekali ini saja, tetapi beberapa tahun silam juga pernah menggarap sound untuk lini produk BMW bertenaga listrik lain.

Untuk diketahui, suara akustik yang keluar dari mobil listrik adalah bagian yang sangat penting, pasalnya untuk memberitahu pengguna jalan lain jika mobil listrik sedang melintas sebagai pengganti dari suara yang keluar dari mesin.

Pada pengembangannya kali ini, BMW menginginkan suara yang keluar dari mobil listrik tetap dapat dikenali namun tidak membuat bising pengguna jalan lain. Pabrikan Jerman tersebut menyebutnya sebagai BMW IconicSounds Electric.

Sebagai bagian dari pembaruan BMW IconicSounds Electric ini, BMW dan Mr Zimmer telah berkolaborasi untuk membuat suara seperti 'suara siap mengemudi' ketika tombol start ditekan, dan suara berkendara dengan mode berbeda.

Soundtrack BMW IconicSounds Electric ini dikatakan memperkuat hubungan antara pengemudi dan mobil. “Ketika pengemudi berinteraksi dengan pedal, itu lebih dari sekadar titik kontak mekanis – ini adalah elemen performatif,” kata Zimmer.“Akselerasi berubah menjadi pengalaman yang membawa pengemudi melalui serangkaian keseluruhan tekstur suara yang berubah secara bertahap.”

Selain itu, setiap lini produk akan mendapatkan suara akustik yang berbeda, dengan cerminan karakteristik mobil itu sendiri. Seperti model listrik seri M akan memiliki suara akustik yang beraura kuat dan mengesankan, namun tidak menonjol. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!