BMW M4 CSL Edisi Khusus Rayakan Usia Emas

Otoloka.id- Divisi performa tinggi BMW M, tahun ini menginjak usia 50 tahun. Sebagai bagian merayakan ulang tahun emas tersebut, perusahaan yang bermarkas di Munich, Jerman ini menghadirkan all-new BMW M4 CSL sebagai varian paling kencang dan bertenaga di jajaran varian BMW M4.

CSL di belakang M4 adalah singkatan dari Competition, Sport, dan Lightweight. Nama yang sama, mengacu di model pengembangan pertama perusahaan tersebut, yaitu BMW 3.0 CSL. Mengusung DNA balap, M4 CSL menjadi model yang fokus untuk trek tapi bisa juga diajak melesat di jalan raya.


All-new BMW M4 CSL dibekali mesin 3.0 liter, berinstalasi 6 silinder segaris berteknologi M TwinPower, yang kabarnya racikan yang sama dari mobil balap BMW M4 GT3. Mesin tersebut punya kekuatan tenaga 550 dk dan torsi 650 Nm. Perihal kemampuan akselerasi 0-100 km/jam bisa torehankan waktu 3,7 detik saja. Keluaran tenaga dari mesin, diatur melalui transmisi M Steptronic 8-percepatan yang disalurkan ke roda belakang.

Mungkin tenaga mesin sebesar 550 hp tak begitu besar jika dibandingkan dengan coupe lain. Tetapi dengan klaim bobot yang ringan, tenaga tersebut terasa “nonjok“. All-new BMW M4 CSL punya berat kosong atau kerb weight 1.625 kg, dan kalau dihitung setiap dk hanya menghela bobot 2,95 kg saja.


Tentu saja tak banyak mobil ini diproduksi, BMW mengabarkan hanya membatasi pesanan 1.000 unit saja. Komponen spesial disematkan berupa komponen berbahan serat karbon, seperti kursi model bucket M Sport yang mengurangi bobot 24 kg berbanding jok biasa di M4.

Kursi belakang, sabuk pengaman dan beberapa partisi juga dibuang untuk mengurangi bobot 21 kg serta ekstra ringan 15 kg dengan penggunaan insulasi suara ultra-ringan di dalam kabin.


Tak hanya itu, peranti deselerasi M Sport bermaterial karbon keramik, penyematan pelek alloy. Perubahan desain sasis dilakukan  berikut tatanan suspensi yang dibuat rendah, menambah ringan bobot sebanyak 21 kg. Bahan carbon-fiber reinforced plastic (CRFP) sebagai pilihan untuk atap, kap mesin, dan tutup bagasi, bisa memangkas bobot lebih ringan 11 kg.


Meski terlihat difokuskan untuk balap, nyatanya All-new BMW M4 CSL tetap dipikirkan untuk pemakaian sehari-hari. Seperti penggunaan M Sport berbahan Alcantara, trim interior yang menggunakan kulit Merino, hingga penggunaan sabuk pengaman M Sport sebagai standar.


Sistem hiburan dan navigasi juga tak dilupakan, coupe 2-seater tersebut telah disematkan layar headunit berukuran 10,25 inci yang dapat terhubung dengan ponsel, BMW Intelligent Personal Assistant, serta penyematan pengisi daya ponsel nirkabel.


Fitur keselamatan seperti Park Distance Control, Front Collision Warning, Lane Departure Warning dan Speed Limit Information juga tersedia sebagai perangkat standar, tetapi bisa ditambah dengan Driving Assistant dan Parking Assistant sebagai opsi. Ngiler kan, buruan pesan!


  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!