BMW Mengakuisisi Alpina Sebagai Sarana Elektrifikasi

Otoloka.id- Pada hari ini, 11 Maret 2022 BMW secara resmi telah mengakuisisi merek dagang Alpina, perusahaan in-house spesialis BMW yang selama enam dekade terakhir merancang, mengembangkan, memproduksi dan menjual beberapa model BMW yang hadir lebih cerdas.

Akuisisi sepenuhnya Alpina oleh BMW akan dimulai pada awal tahun 2026, jadi saat ini sampai 31 Desember 2025 Alpina masih berstatus kerja sama menggarap model dari BMW yang saat ini mereka kerjakan.

Ketika perjanjian kerja sama berakhir, BMW akan sepenuhnya memiliki Alpina. Seperti yang dikutip dari evo.co.uk, saat ini BMW belum memperluas rencananya untuk merek Alpina di dalam portofolio mereka.

Dalam sebuah pernyataan BMW mengatakan: “Transformasi menuju elektromobilitas dan peningkatan regulasi di seluruh dunia - khususnya undang-undang emisi, validasi perangkat lunak dan persyaratan untuk bantuan pengemudi dan sistem pemantauan - menghasilkan risiko yang jauh lebih tinggi bagi produsen seri kecil. Manajemen ALPINA Burkard Bovensiepen GmbH + Co. KG menangani hal ini dengan penataan kembali strategis yang akan mengamankan kelangsungan operasi Buchloe dalam jangka panjang.”

Sementara itu, Co-Managing Director Alpina Andreas Bovensiepen menambahkan: “Kami membuat keputusan sadar untuk tidak menjual Alpina ke sembarang pabrikan, karena BMW dan Alpina telah bekerja sama dan saling percaya selama beberapa dekade. Oleh karena itu, merupakan keputusan yang tepat secara strategis bagi merek Alpina untuk dikelola oleh BMW Group di masa depan.”

Hal tersebut menunjukkan bahwa, keluarga Bovensiepen yang masih mengendalikan Alpina telah menyadari bahwa undang-undang yang akan datang terkait membuat kendaraan terlalu besar dan mahal untuk ukuran perusahaan kelas menengah.

Untuk diketahui, Alpina membuat sekitar 1500 mobil BMW per tahun dan perusahaan tersebut mempekerjakan 300 orang. BMW tak lepas tangan, perusahaan asal Jerman tersebut menawarkan posisi untuk tinggal bersama perusahaan mulai tahun 2026 dan seterusnya.

Meski telah diakuisisi, namun nama Alpina akan tetap hidup dalam portofolio BMW. Layanan suku cadang dan aksesori untuk model saat ini dan sebelumnya akan terus dioperasikan dari kantor pusat perusahaan saat ini di Buchole. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!