Brembo Rilis Sistem Pengereman dengan Kecerdasan Buatan

Otoloka.id- Produsen rem premium asal Italia Brembo, pada 25 Oktober kemarin merilis sistem pengereman revolusioner bernama Brembo Sensify.

Sistem pengereman canggih milik Brembo tersebut, hadir dengan penggabungan komponen pengereman Brembo dengan kecerdasan bantuan.

“Dengan memperkenalkan Sensify, Brembo mendorong batas-batas apa yang mungkin dengan sistem pengereman, membuka peluang yang sama sekali baru bagi pengemudi untuk meningkatkan pengalaman mereka di jalan dan menyesuaikan respons rem dengan gaya mengemudi mereka. Sensify memberi pengemudi ketenangan pikiran yang mereka cari,” kata Daniele Schillaci, Chief Executive Officer Brembo.

Mengutip dari autocar.co.uk, keunggulan sistem pengereman tersebut adalah dapat bekerja secara individual di tiap roda, bukan sepaket seperti yang terbenam pada sistem pengereman konvensional.

Hal ini terjadi berkat penyematan aktuator yang ada pada setiap roda. Nantinya aktuator tersebut memantau setiap parameter kendaraan. 

Mulai dari kinerja rem, massa kendaraan, permukaan jalan, kecepatan, distribusi bobot, serta sudut kemudi.

Terdapat dua ECU yang dipasang di bagian depan dan belakang kendaraan, yang bertugas untuk memberikan perintah pada aktuator secara terpisah.

Ketika ECU menerima sinyal masukan, ECU tersebut lalu menghitung parameter yang dibutuhkan dalam waktu milidetik. 

Setelah itu ECU langsung memberikan perintah pada setiap aktuator yang langsung diteruskan pada tiap kaliper rem.

ECU yang berperan sebagai kecerdasan buatan, juga punya peran untuk mencegah terjadinya penguncian ketika sistem pengereman bekerja.

Sistem bantuan pengemudi seperti anti selip, atau traksi kontrol tentunya dapat terintegrasi dengan Brembo Sensify.

Keunggulan lain dari sistem pengereman ini adalah bobotnya yang ringan, dengan ukuran yang ringkas. Penerapan kecerdasan buatan juga membuat sistem pengereman optimal karena menghitung bobot kendaraan.

Baca juga: Rem Cakram Mobil Timbul Bercak Karat, Bukan Berarti Rusak

Brembo Sensify juga tidak terbatas pada kendaraan model tertentu saja, kendaraan listrik maupun bermesin konvensional, mobil sport maupun komersial dapat menggunakan sistem pengereman tersebut.

Schillaci juga menambahkan kalau Brembo Sensify sesuai dengan visi dari perusahaannya, yaitu ‘Mengubah Energi menjadi Inspirasi’. “Ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam menyediakan solusi mutakhir, inovatif, cerdas, dan berkelanjutan untuk industri otomotif.”

Brembo Sensify diharapkan akan tersedia pada awal tahun 2024.

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!