Bugatti Centodieci Jalani Tes Jalan 50 Ribu Kilometer

Otoloka.id- Produsen mobil Bugatti melakukan pengujian prototipe terbaru mereka, yaitu Bugatti Centodieci. Produsen otomotif asal Prancis tersebut “menyiksa” Bugatti Centodieci sejauh 50 ribu kilometer untuk pengetesan jalan demi mengumpulkan data teknis sebelum diproduksi.

Yang melakukan pengujian mobil mahal Bugatti tersebut adalah tim pengembangan teknis. Mereka bekerja selama berbulan-bulan untuk mengumpulkan data teknis yang didapat melalui pengetesan di sirkuit, jalan raya, sampai di lalu lintas kota.

Ketika melakukan pengetesan ketahanan, tiga pengemudi selalu memeriksa setiap fungsi dan mencatat segala keanehan yang terjadi. Tentunya, untuk mencatat segala kondisi yang ada, pengemudi yang melakukan tes harus paham soal data teknis kendaraan.

“Dengan sirkuit berkecepatan tinggi dan kursus penanganannya, pusat tes Nardò menyediakan kondisi ideal untuk tes ketahanan intensif,” kata Steffen Leicht, selaku orang yang bertanggung jawab untuk pengujian ketahanan di Bugatti.

Menurut Bugatti, lintasan melingkar sepanjang 12,6 kilometer dengan diameter empat kilometer di pusat tes Nardo, merupakan sirkuit otomotif tercepat di dunia. Ini sesuai dengan Centodieci yang memiliki kecepatan 380 km/jam.

Selain itu, jalur penanganan sepanjang 6,2 kilometer di bagian dalam memungkinkan pemeriksaan pada tingkat beban tertinggi. Lokasi sirkuit seluas lebih dari 70 hektar tersebut, menawarkan jalan dengan permukaan yang berbeda, untuk pengujian komponen kendaraan.

Prototipe Bugatti Centodieci menempuh jarak hingga 1.200 kilometer setiap hari selama pengetesan, mobil tersebut hanya berhenti saat pemeriksaan teknis, pengisian bahan bakar, dan pergantian pengemudi.

“Kami menilai setiap elemen pada kendaraan untuk terakhir kalinya, memberikan perhatian khusus pada fungsionalitas dan daya tahan sebelum mobil Centodieci pertama masuk ke produksi,” papar Carl Heilenkotter, selaku manajer proyek Bugatti.

Ia menambahkan, bahwa “Centodieci sengaja didorong hingga batasnya untuk menjamin penanganan yang andal di level tertinggi, bahkan dalam situasi ekstrem. Meskipun sebagian besar mobil tidak pernah memasuki kisaran ini, tetap saja diuji. Ini adalah filosofi merek dan itulah sebabnya kami melakukan banyak upaya dalam semua pengujian ini. Bugatti berkomitmen pada standar kualitas tertinggi, daya tahan, dan kepuasan pelanggan.”

Tes ketahanan Bugatti Centodieci di sirkuit Nardo, merupakan tes terakhir yang nantinya akan dievaluasi. Jika tak ada kendala, prototipe mobil kencang tersebut akan segera masuk jalur produksi dan akan dikirim ke konsumen tahun ini. <IDR>

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!