• Home>
  • Berita>
  • Bus Hino Libas Tol Trans Jawa Tanpa Overheat dengan Oli Lebih Sedikit
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Bus Hino Libas Tol Trans Jawa Tanpa Overheat dengan Oli Lebih Sedikit

Dilihat 2432
Ismet
18 Nov 2021, 19:37
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1

Otoloka.id- PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) beberapa waktu lalu telah menguji bus R260 dan RN285 di jalan tol Trans Jawa. Dalam pengetesan tersebut, Hino menggunakan dua sasis bus berbeda yang sudah dilengkapi teknologi commonrail tersebut untuk membuktikan daya tahannya.

Di pameran GIIAS 2021, Hino pun menggelar sesi khusus untuk mengulas Hino Genuine Oil terkait hasil pengujian tersebut. Dalam pengetesan pelumas tersebut, Hino menggunakan perangkat Monitoring Graphtec Digital Logger dengan cara kerjanya lewat Hino DX II yang memonitor kecepatan bus, putaran mesin (rpm), engine coolant temperature dan konsumsi bahan bakar.

“Dalam mendesain kendaraan Hino, kami memiliki keunggulan dari kapasitas oli yang lebih kecil dibanding sasis bus lainnya. ini sudah dipikirkan, agar bermanfaat bagi konsumen terutama efisiensi,” ucap Irwan dalam acara bincang mengenai Performa Bisnis dan Keunggulan Oil Gallery bersama Forwot, di booth Hino di GIIAS 2021, Rabu (17/11).

Mesin Hino Bus Mumpuni Jalur Trans Jawa

Pihak HMSI menjelaskan bahwa mesin Hino Bus dirancang untuk beroperasi disegala jalan dan operasional, termasuk di Jalan Tol Trans Jawa. Karena dari data uji yang dilakukan di Tol Trans Jawa dari Jakarta ke Surabaya (PP).

Baca juga : Bus Canggih Hino R260 ‘Balutan’ Avante H7 AB Mejeng di GIIAS 2021

Hino Bus dengan kondisi kecepatan operasi diatas 100 km/jam terus menerus, sangat mumpuni dan mesin tetap stabil. Temperatur oli mesin, dan rata-rata oli di mesin hampir sama atau tidak ada pengurangan, dan jauh dari batas titik nyala oli ( ±230°C ). 

Laju pendinginan radiator Hino Bus, baik itu RN 285 dan R260 berkisar antara 25 - 30°C artinya menunjukan hasil yang lebih baik dari laju pendinginan radiator brand lain yang hanya berkisar 10°C walaupun mesin Hino memiliki kuantitas oli yang lebih sedikit, dan melaju dengan kecepatan tinggi secara terus menerus di Tol Trans Jawa.

“Yang terpenting dari tes ini, Hino Bus RN 285 & R 260 mendapatkan hasil konsumsi bahan bakar yang lebih baik, berkisar 11% untuk Hino Bus R 260 dan Hino Bus RN 285 di angka 7%. Dari sisi operasional cost, perbandingan biaya ganti oli selama satu tahun juga lebih hemat seperti Hino Bus R260 lebih hemat 78% bila dibandingkan brand lain,” tambah Irwan.

Baca juga : Hino Resmikan Fasilitas Body Repair and Painting di Workshop Centre Hino Jatake

Penggunaan Hino Genuine Oil

Hino Genuine Oil (HGO) sudah mengandung komponen aditif yang lengkap untuk kendaraan. Terdapat 9 komponen aditif Hino Genuine Oil seperti friction modifier untuk melapisi permukaan logam dan mengurangi gesekan. 

Oiliness agent yang memperkuat lapisan film pada oli dan anti wear mencegah keausan dan kerusakan pada komponen.

Oli asli Hino juga dilengkapi anti corossion menjaga komponen tidak mudah korosi. Serta anti-oxidant mencegah oksidasi dan memperpanjang umur oli. Pada Hino Genuine Oil terdapat juga detergents & dispersants menjaga mesin tetap bersih. 

Viscosity index improver yang terkandung di dalamnya menjaga stabilitas viskositas, antifoaming agents mencegah pembentukan gelembung busa, dan pour point depressant mempertahankan fluiditas pada suhu dingin.

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya