Otoloka.id - Honda mengumumkan telah melakukan pembaruan pada teknologi Advanced Driver Assistance milik mereka yang disebut Honda Sensing 360.

Canggih! Honda Sensing 360 Bisa Minimalkan Area Blind Spot di Sekitar Mobil

Seperti dilihat pada namanya, Honda Sensing 360 merupakan peningkatan teknologi dari pemanfaatan rangkaian sensor baru.

Teknologi Honda Sensing 360, sesuai yang dijanjikan pabrikan, akan dapat "melihat" ke segala arah.

Dipadukan dengan kamera yang saat ini sudah digunakan untuk teknologi Honda Sensing, pabrikan menambahkan beberapa sensor radar dengan jangkauan gelombang lima milimeter pada setiap mobil-mobilnya. 

Satu radar akan menghadap ke depan dan radar lainnya akan disematkan di keempat sudut mobil untuk menghasilkan jangkauan 360 derajat.

Baca juga: Honda HR-V 2022 Diprediksi akan Debut Dunia di GIIAS 2021

Adanya teknologi ini pun diklaim berpengaruh pada fitur Collision Mitigation Braking System yang dimiliki Honda menjadi lebih baik dengan memperluas pandangannya terhadap jalan yang akan dilalui.

Bagi yang masih awam, fitur Collision Mitigation Braking System bekerja untuk membantu pengemudi mencegah terjadinya benturan terhadap pejalan kaki di sekitarnya. Dengan sensor yang semakin banyak, fitur ini akan dapat mendeteksi dari arah yang lebih banyak.

Honda Sensing 360 ini juga ternyata meningkatkan kemampuan yang dimiliki fitur Front Cross Traffic Warning yang memberikan peringatan pada pengemudi ketika terdeteksi adanya risiko tabrakan ketika kendaraan berjalan dengan kecepatan rendah. 

Dengan sensor yang mencakup lebih banyak angle, kemampuan sistem untuk mendeteksi bahaya pun akan meningkat.

Baca juga: 10 Mobil MPV Favorit untuk Keluarga, Mana Pilihanmu?

Pada mobil-mobil Honda, ada pula fitur Lane Change Collision Mitigation yang memperingatkan pengemudi ketika kendaraan mendeteksi adanya hambatan atau gangguan pada bagian blind spot dan membawa pengendara untuk kembali ke jalurnya. 

Bersama dengan fitur ini, Honda Sensing 360 akan memungkinkan kendaraan berganti jalur secara otomatis menggunakan Adaptive Cruise Control hanya dengan menyalakan lampu sen.

Bukan itu saja, sensor-sensor ini juga memungkinkan kendaraan menggunakan Adaptive Cruise Control untuk menyesuaikan kecepatan secara otomatis ketika melewati tikungan. Hal ini akan memberikan manuver yang lebih halus dan nyaman bagi pengemudi maupun penumpang.

Teknologi Honda Sensing 360 sendiri akan melakukan debutnya pada tahun 2022 untuk pasar otomotif China. Honda menargetkan teknologi ini dapat disematkan pada semua model kendaraannya pada tahun 2030.


  • 0
  • Share
AmandaTidak ada Biodata penulis
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!