CEO MV Agusta Konfirmasi sedang Mengembangkan Mesin Performa Tinggi

Otoloka.id- Dalam wawancaranya dengan motorcyclenews.com, CEO MV Agusta Timur Sardarov mengkonfirmasi bahwa perusahaannya sedang mengembangkan sepeda motor bermesin 950 triple baru dan mesin 1.000 cc ke atas yang memiliki performa tinggi.

Sardarov yang bermarkas di Varese, Italia ini diwawancarai secara ekslusif pada ajang Eicma Show 2021 yang digelar di Milan, beberapa waktu lalu. Dalam pembicaraan tersebut, CEO ini membeberkan bahwa mesin 950 triple akan mengambil basis dari 800 triple.

Dalam ajang tersebut, mesin triple 950 memiliki kubikasi riil sebesar 931 cc yang akan digunakan pada lini produk motor petualang MV Agusta. Mesin tersebut, memiliki tenaga sebesar 120 daya kuda di 10.000 rpm, dengan torsi mencapai 101 Nm di 7.000 rpm.

"Produk 950 yang kami bangun sangat canggih, 950 sebagai mesin juga akan bermigrasi ke platform lain juga, dalam spesifikasi yang berbeda. Ini adalah mesin dengan spesifikasi petualang, dan Anda akan melihat lebih sporty, telanjang dan akan ada variasi yang berbeda," paparnya.

Baca juga: Suzuki Satria F150 2022, Lebih Menggoda dengan 3 Warna Baru

Sardarov juga melanjutkan, bahwa "Superveloce, F3, dan Turismo Veloce, mereka semua akan bermigrasi ke 950. Kami akan memiliki 800 dan 950."

Model lain yang juga mengadopsi mesin yang lebih besar tersebut, kemungkinan besar menggunakan platform yang sama, dengan desain rangka yang sama dan titik pemasangan yang sama pula. Bagi Sardarov, mesin tersebut merupakan mesin yang sangat efisien sekaligus rendah emisi.

Namun, paparan tersebut masih belum jelas kapan akan diluncurkan secara detil. Sardarov hanya bilang bahwa motor petualang berkubikasi 950 triple tersebut sampai April 2023 tidak bakal diluncurkan. Wah, musti sabar.

Di lain hal, Timur Sardarov juga masih belum membahas mengenai pengembangan sepeda motor elektrifikasi. Setidaknya belum dalam waktu dekat ini.  

Baca juga: MV Agusta Hadirkan Superveloce Edisi Giacomo Agostini

"Beberapa produsen mobil telah berhenti memproduksi mesin berperforma tinggi dan mereka beralih ke listrik, namun kami masih mengerjakan satu lagi platform berkinerja tinggi yang akan datang sebelum listrik. Tapi pada saat yang sama, kami meluncurkan inisiatif untuk mulai membangun visi seperti apa motor listrik MV Agusta,” lanjut Sardarov.

"Kami akan menunjukkan sesuatu setiap tahun dan beberapa proyek yang telah kami mulai akan memakan waktu lama, tetapi pada tahun 2024-2025 Anda pasti akan melihat mesin yang sangat istimewa diluncurkan dari MV Agusta," tutupnya. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!