Daimler Indonesia Mulai Produksi Truk Axor Berstandar Emisi Euro 4

Otoloka.id- PT Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia (DCMVI) resmi melakukan upacara serah terima secara simbolis kepada PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DVCI) pada 7 Desember 2021. Prosesi ini adalah penyerahan perakitan pertama Mercedes-Benz Axor kepada pihak DVCI.

Mercedes-Benz Axor telah memenuhi standar Euro 4 yang dirakit di pabrik Wanagerang, Bogor, Jawa Barat. Hal ini merupakan bentuk komitmen dari kedua perusahaan untuk mendukung rencana pemerintah dalam penerapan standar emisi Euro 4 pada mesin kendaraan diesel mulai bulan April 2022.

Adapun unit Mercedes-Benz Axor ini telah dilengkapi dengan sistem pembakaran selective catalytic reduction (SCR) dan Adblue yang sudah lama digunakan oleh Daimler Trucks sejak standar Euro 4 pertama kali diperkenalkan.

Jung Woo Park, President Director PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia, menyampaikan bahwa penyerahan unit Mercedes-Benz Axor Euro 4 ini menjadi langkah pertama perusahaan dalam menyambut standar emisi Euro 4 yang akan dimulai pada bulan April 2022 mendatang.

Baca juga : Daimler Resmi Bentuk 2 Perusahaan Baru untuk Hadapi Persaingan di Masa Depan

“Mercedes-Benz Euro 4 Axor memiliki kombinasi teknologi yang unik untuk Indonesia. Kami menggunakan mesin yang terbukti untuk memastikan kinerja yang kuat dengan bahan bakar Indonesia sementara SCR akan menurunkan emisi setelah diproses di ruang bakar mesin. Artinya kita bisa mengandalkan kondisi dan performa terbaik mesin selama beroperasi. Selain itu, kami meningkatkan interval perawatan menjadi 50.000 km untuk truk Euro 4 dengan sistem tambahan pada mesin yang menjaga oli mesin tetap bersih sepanjang waktu. Ini merupakan kombinasi terbaik yang kami temukan untuk Indonesia,“ tambah Jung Woo.

Pembaruan Mercedes-Benz Axor 2022

DCVI juga membawa penyegaran untuk rangkaian produk Mercedes-Benz Axor lewat penambahan aksen baru di bagian eksterior dan interior untuk seluruh lini serta beberapa pembaharuan dari segi teknis khusus untuk 3 (tiga) varian Axor antara lain: Mercedes-Benz Axor 2528R/5700, 2523R/4500 dan 2523R/5700.

Pada sisi eksterior, produk unggulan dari DCVI ini diberikan Roof Sun Visor untuk melindungi pengemudi dari silau matahari dan tambahan pada ujung bemper yang stylish. 

Paduan dua bagian eksterior ini membuat tampilan Axor lebih gagah saat di jalanan. Melihat lebih dekat di bagian interior, kesan mewah brand Mercedes-Benz diterjemahkan lewat perubahan warna kabin yang dominan hitam, coklat dan beige.

Perubahan pola warna kursi menjadi 3D pattern juga membuat tampilan interior Axor lebih mewah dan bergaya.

Dari sisi teknis, Axor terbaru ini memiliki Gross Vehicle Weight Rating sebesar 26.500 Kg dari yang sebelumnya hanya sebesar 25.000 Kg. 

Selain itu, Mercedes-Benz Axor ini juga mendapatkan pembaruan di bagian axle yang sebelumnya memiliki kapasitas axle depan-belakang sebesar 6.000 Kg – 19.000 Kg menjadi 6.500 Kg – 20.000 Kg. 

Pada bagian ban (tyre) juga dilakukan pembaruan menjadi 11.00-20 bias sehingga lebih sesuai dengan persyaratan pasar mengenai kapasitas beban ban dan menjadi lebih cost-efficient.

Untuk Mercedes-Benz Axor 2528 R, pembaruan diberikan dengan kehadiran model terbaru versi 6x4 yang memiliki area muatan terpanjang di kelasnya sebesar 9.88 meter.

Baca juga : Mercedes-Benz eActros, Truk Listrik Canggih Mampu Tempuh Jarak 400 Km

Pada model terbaru ini, Mercedes-Benz Axor 2528 R 6x4 mengadopsi peredam pada bagian belakang (rear shock absorber) dan axle yang lebih kuat pada bagian depan guna membantu mempertahankan traksi di medan yang lebih terjal. Selain itu, perbedaan axle pada bagian depan juga membuat bagian depan menjadi lebih lebar.

“Penyempurnaan produk saat ini akan dilanjutkan pada seri Axor Euro 4 yang akan diperkenalkan secara resmi pada tahun 2022 dan ketika saatnya tiba, kami juga sudah akan siap dengan persiapan purna jual.” tutup Faustina, Head of Product & Marketing PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia.

  • 0
  • Share
IsmetIsmet bekerja sebagai jurnalis sejak tahun 2012 dan dimulai di Tabloid Motorplus (Kompas Gramedia). Senang dengan dunia otomotif roda dua dan sempat bekerja di beberapa media otomotif lainnya, menjadikan Ismet menggemari juga dunia otomotif roda empat, hingga akhirnya sekarang bergabung di Otoloka.id dan dinamika dunia otomotif selalu menjadi hal yang menarik baginya.
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!