Daripada Modifikasi Mesin Biar Irit BBM, Mending Uji Emisi

Otoloka.id- Karena menggunakan bahan bakar minyak, sebisa mungkin pemilik kendaraan bermesin pembakaran internal akan memilih yang konsumsi bahan bakarnya irit. Pasalnya, irit bahan bakar dapat meringankan biaya operasional, karena tak perlu mengeluarkan biaya lebih banyak untuk ke SPBU.

Kendaraan seperti mobil yang mengonsumsi bahan bakar lebih banyak, tentunya membuat kantong pengemudi cepat terkuras, apalagi kalau mobil yang dipunya boros bahan bakar. berbagai cara dilakukan seperti modifikasi agar konsumsi bahan bakar lebih irit. Namun, hal tersebut bisa saja merusak komponen mesin, daya tahan kendaraan, hingga berpotensi hilangnya garansi.

Auto2000 selaku bengkel resmi kendaraan Toyota melihat di lapangan, bahwa ada cara yang lebih aman untuk mambantu agar kendaraan lebih efisien bahan bakar, yaitu dengan melakukan uji emsisi kendaraan. Emang iya?

Uji Emisi Gas Buang Solusi Hemat Bensin

Untuk mengatur sejauh mana kinerja dan tingkat efisiensi bahan bakar pada kendaraan, dilakukan uji emisi. Dalam pengujian tersebut, setiap kandungan gas buang kendaraan akan diukur ketika mesin dalam kondisi menyala. Makin efisien mesin, tentu konsumsi bahan bakarnya lebih irit.

Sebagai bagian dari prosedur standar Auto2000, teknisi bengkel resmi Toyota tersebut juga dapat mengetahui sejauh mana tingkat kesehatan mesin kendaraan. Apabila hasil gas buang melebihi ambang batas yang ditentukan, berarti ada masalah pada mesin sehingga dapat dicari solusinya berupa mengganti komponen maupun disetting ulang.

Pengujian emisi juga berguna bagi mesin kendaraan yang tak mengalami kerusakan, karena di tiap tahapan pengujian tersebut dapat memastikan mesin selalu dalam kondisi prima, sebagai bagian untuk mencapai efisiensi terbaik. Kandungan udara dan bahan bakar yang tercampur, juga dapat diketahui saat kegiatan memasukan alat ke dalam lubang knalpot tersebut.

“Pastikan uji emisi menjadi bagian dari gaya hidup untuk menjaga performa mesin, hemat bahan bakar, dan menekan biaya operasional. Lebih dari itu, hal ini bisa berkontribusi menjaga kebersihan lingkungan karena emisi gas buang selalu berada di bawah ambang batas yang ditetapkan,” ungkap Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000.

Promo Uji Emisi Gas Buang di Bengkel Auto2000

Karena sudah jadi ketetapan saat servis berkala, bengkel Auto2000 menggratiskan biaya uji emisi kendaraan Toyota. Tetapi apabila pengujian tersebut di luar waktu perawatan rutin, maka akan dikenakan biaya 162 ribu rupiah termasuk PPN.

Apabila ada suku cadang yang perlu diganti atau kerusakan di mesin sehingga membuat emisi yang dikeluarkan tak lolos uji, bengkel tersebut menyediakan suku cadang berikut jasa perbaikan agar emisi kendaraan sesuai standar. Atau dapat juga memesan suku cadang melalui platform online Auto2000 Digiroom.

Nah, untuk mengganti beberapa komponen mesin, bengkel resmi tersebut menyediakan promo menarik, yaitu Auto Sehat Serba Hemat berupa diskon jasa dan harga 5 komponen penting di kendaraan.

Selain itu, ada juga promo bernama SPONTAN (Siaga Kupon Perawatan) untuk kendaraan Toyota yang sudah menempuh jarak 50 ribu kilometer, atau ketika kuota servis gratis berkalanya habis. Yok, manfaatkan!

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!