Di Australia, Pabrikan Sekelas BMW Menjual Modelnya Tanpa Fitur Layar Sentuh

Otoloka.id- Kelangkaan chip semikonduktor yang saat ini masih melanda global, memang memaksa beberapa pabrikan otomotif untuk mengurangi fitur pada tiap modelnya.

Tak hanya beberapa pabrikan mobil dengan harga terjangkau, pabrikan mobil mewah seperti BMW juga harus melakukan hal yang sama di tiap modelnya.

Pabrikan asal Jerman tersebut, harus mengantarkan beberapa modelnya ke Australia tanpa fitur layar sentuh di head unitnya. Fitur yang dihilangkan tersebut diganti menjadi tombol putar dan kontrol suara.

Seperti yang dikutip dari carexpert.com.au, BMW Grup Australia telah mengkonfirmasi bahwa mereka merevisi spesifikasi model tertentu, dan menyesuaikan harga tiap model yang telah terkena dampak kelangkaan chip semi konduktor.

Sebanyak 200 lebih model dari BMW yang kehilangan fitur layar sentuh, diantaranya BMW seri 2, seri 3, seri 4, Z4, X5, X6, dan X7. Tiap model tersebut, harganya dipangkas lebih murah sekitar 8,4 juta Rupiah.

Beberapa pilihan telah ditawarkan oleh BMW Australia kepada pembelinya, apakah ingin menerima produk dengan harga lebih murah, namun fiturnya dipangkas, atau tetap menunggu model dengan fitur yang lengkap kembali tersedia.

Model yang terkena dampak kelangkaan semi konduktor tidak hanya kehilangan fungsi layar sentuh saja, namun juga fitur lain seperti reversing assistant. Fitur tersebut gunanya untuk menelusuri kembali jalur yang dilalui dengan jarak 50 meter.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Sedan, Konsumen Mesti Tahu!

Model BMW yang minus fitur layar sentuh yang datang ke Australia, dilaporkan oleh Bimmerfest diproduksi di Spartanburg, Carolina Selatan, Amerika Serikat. Namun beberapa model yang diproduksi di pabrik lain seperti Jerman, Austria, dan Meksiko juga menerapkan hal yang sama.

Sebenarnya, penghilangan beberapa fitur bukan kali ini saja yang dilakukan oleh BMW Australia. Beberapa model sebelumnya juga mengalami hal yang sama, yaitu dengan menghilangkan fitur keselamatan.

Beberapa contoh yang hilang adalah Adaptif Cruise Control, Front-Cross Traffic Assist, dan Active Steering Assist. semua itu dihilangkan, karena masalah yang sama, yaitu kelangkaan chip semikonduktor. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!