• Home>
  • Berita>
  • Di Inggris, Memasarkan Kendaraan Otomasi ada Aturannya
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Di Inggris, Memasarkan Kendaraan Otomasi ada Aturannya

EKO
30 Nov 2021, 11:38
  • Dilihat 4719
  • Suka 0

Otoloka.id- Fitur otomasi merupakan salah satu sistem bantuan yang bertujuan meringankan kerja pengemudi. Namun, adanya fitur tersebut layaknya pisau bermata dua, yang tak hanya memudahkan, tapi juga berujung dengan masalah baru.

Karena fitur otomasi kendaraan masih menjadi kontroversi, The Society of Motor Manufacturers and Traders (SMMT) Eropa, khususnya Inggris memberikan prinsip-prinsip terkait panduan dalam memasarkan produk kendaraan yang menggunakan fitur otomasi.

Untuk menerbitkan panduan pemasaran kendaraan otomasi, SMMT bekerja sama dengan AV-DriVE Center for Connected and Autonomous Vehicle untuk memberikan persetujuan dan regulasi terkait kendaraan otomasi di tiap tingkatan kemampuannya.

Adanya panduan tersebut, sangat berguna untuk konsumen. Pasalnya untuk memastikan informasi soal kendaraan otomasi menjadi jelas. Apalagi, kendaraan dengan fitur otomasi mulai dikenalkan di jalanan Inggris tahun depan.

“Inggris berada di garis depan dalam pengenalan kendaraan otomasi, yang memiliki potensi luar biasa untuk menyelamatkan nyawa, meningkatkan mobilitas untuk semua, dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Sangat penting bahwa teknologi revolusioner ini dipasarkan secara akurat dan bertanggung jawab. Kami senang telah menyatukan industri, pemerintah, dan pemangku kepentingan utama lainnya untuk mengembangkan serangkaian prinsip panduan yang akan memastikan konsumen akan memiliki kejelasan dan keyakinan atas kemampuan mereka sejak saat ini,” ungkap Mika Hawes, selaku Kepala Eksekutif SMMT.

Baca juga: Makin Ramah Lingkungan, Berikut Deretan Mobil Listrik yang Dipamerkan di GIIAS 2021

Nah, berikut lima poin prinsip dalam pemasaran kendaraan otomasi:

1. Fitur mengemudi otomatis harus dijelaskan dengan cukup jelas agar tidak menyesatkan, termasuk menetapkan keadaan di mana fitur tersebut dapat berfungsi.

2. Fitur mengemudi otomatis harus dijelaskan dengan cukup jelas sehingga dibedakan dari fitur mengemudi dengan bantuan.

3. Jika fitur mengemudi otomatis dan fitur mengemudi dengan bantuan dijelaskan, keduanya harus dibedakan dengan jelas satu sama lain.

4. Fitur mengemudi yang dibantu tidak boleh dijelaskan dengan cara yang dapat memberikan kesan bahwa itu adalah fitur mengemudi otomatis.

5. Nama fitur mengemudi otomatis atau dengan bantuan tidak boleh menyesatkan dengan menyampaikan bahwa itu adalah yang lain – kata tambahan mungkin diperlukan untuk menghindari kebingungan – misalnya untuk fitur mengemudi yang dibantu, dengan memperjelas bahwa pengemudi harus memegang kendali setiap saat.

Baca juga: Toyota Avanza dan Veloz Terbaru Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Rp 200 Jutaan

Sementara Menteri Transportasi Inggris Trudy Harrison mengatakan, “Sangat penting bahwa industri dan pemangku kepentingan jelas tentang tanggung jawab mereka dan dikembangkan dalam kemitraan dengan Pemerintah, kelompok otomotif dan keselamatan jalan, Prinsip Panduan SMMT adalah langkah penting untuk mempromosikan penggunaan teknologi otomatis yang aman di Inggris.”

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Motor

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Motor

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan