Drone EHang 216 Ramaikan IIMS 2022, Pertama Kalinya Terbang di Jakarta

Otoloka.id- Pesawat udara tanpa awak, yakni EHang 216 akhirnya mengudara untuk pertama kalinya di Jakarta berbarengan dengan pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 9 April 2022.

Pesawat tersebut dibawa sebagai bentuk kesepakatan antara PT Prestisius Aviasi atau Prestige Aviation dengan EHang untuk melakukan pre-order kendaraan udara otonom (Autonomous Aerial Vehicle) sebanyak 100 unit EHang 2016.

Rudy Salim sebagai Executive Chairman Prestige Aviation, mengatakan bahwa kedatangan 100 unit EHang secara bertahap dan diklaim saat ini tengah dalam pengurusan perijinan.

“Kami sedang dalam test sertifikasi, seharusnya dalam waktu dekat ini bisa keluar dan kemudian akan kita datangkan secara bertahap,” jelas Rudy.

Sebelumnya, EHang 216 sudah sukses uji coba terbang di Bali pada November 2021. Demonstrasi kontrol pada pusat komando dan koordinasi berjalan lancar.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengungkapkan, nantinya taksi terbang tersebut diyakini memiliki fungsi ganda yang tak hanya untuk memindahkan manusia, atau angkutan barang.

Bamsoet menyebut juga EHang bisa difungsikan untuk membantu patroli Kepolisian atau bahkan menembus lokasi terkena bencana yang tidak bisa dijangkau oleh manusia.

“Saat Gunung Semeru meletus beberapa waktu lalu EHang juga dipakai oleh Basarnas untuk kegiatan penyaluran bantuan bencana yang tidak dijangkau di darat,” sambungnya.
“Siapa tahu di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan adanya penerbangan ini bisa menjadi pilihan sebagai transportasi murah dan dapat diandalkan, targetnya hanya 2-3 kali lipat dari tarif taksi biasa,” kata Rudy.

Suksesnya acara ini juga meningkatkan pengetahuan dan minat masyarakat terhadap kendaraan udara otonom. Dengan besarnya minat ini, Prestige Aviation menjadi yang pertama dalam membawa dan menyediakan kendaraan udara otonom untuk masyarakat Indonesia.

Acara penandatanganan perjanjian pre-order 100 unit EHang 216 ini diadakan di Aspal Area IIMS 2022 dan dihadiri secara langsung oleh Bambang Soesatyo selaku Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Marco Isaak selaku Komisaris dari Black Stone Cargo Airline, Huazhi Hu selaku Founder dan CEO, Chairman dan CEO dari EHang, dan Johnson Yaptonaga selaku Chairman dari Prestige Aviation. <Idr>

  • 0
  • Share
IsmetIsmet bekerja sebagai jurnalis sejak tahun 2012 dan dimulai di Tabloid Motorplus (Kompas Gramedia). Senang dengan dunia otomotif roda dua dan sempat bekerja di beberapa media otomotif lainnya, menjadikan Ismet menggemari juga dunia otomotif roda empat, hingga akhirnya sekarang bergabung di Otoloka.id dan dinamika dunia otomotif selalu menjadi hal yang menarik baginya.
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!