• Home>
  • Berita>
  • Eksistensi dan Jejak Langkah Mitsubishi Fuso di Tanah Air
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Eksistensi dan Jejak Langkah Mitsubishi Fuso di Tanah Air

Dilihat 756
Alun Segoro
5 Des 2020, 23:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Mitsubishi Fuso

Otoloka.id – Nama Mitsubishi Fuso di ranah dunia usaha begitu familiar. Kontribusi pabrikan truk berjuluk ‘Si Kepala Kuning’, terhadap perputaran roda ekonomi di Indonesia, bukan sekadar bualan. Dibangun sejak tahun 1970, Mitsubishi Fuso berperan sebagai pionir kendaraan niaga di tanah air.

Diperkuat lagi dengan usia setengah abad PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) berkiprah sebagai distributor resmi Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia. Memasarkan kendaraan niaga Colt Diesel, Fuso, New Fuso, Fighter, dan Tractor Head. 

Sabet Rekor Muri

Mitsubishi Fuso juga telah berhasil mempertahankan kepemimpinan pasar, dengan populasi truk terbesar di Indonesia. Wajar, ketika tahun 2017, Mitsubishi Fuso menyabet Rekor Muri, lewat capaian penjualan sejuta unit kendaraan niaga Mitsubishi di Indonesia.

Baca juga : Review Mitsubishi Fuso eCanter: Truk Listrik Berteknologi Canggih

Seperti pernah dikatakan Duljatmono, Direktur Sales & Marketing KTB, saat Mitsubishi Fuso sukses menjadi pemimpin pasar di Indonesia. Maka sekaligus juga berkontribusi dalam kelancaran pembangunan, terutama dalam penyediaan transportasi, di Indonesia.

Market Share 48,7 Persen

Bicara market leader, tercatat periode Januari sampai Oktober 2020, market share Mitsubishi Fuso berhasil mencapai 48,7 persen. Meningkat dibanding tahun sebelumnya, yang menorehkan angka 43,5 persen.

Mitsubishi Fuso

Menurut data yang disampaikan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selama 10 bulan pertama tahun 2020, Mitsubishi Fuso sanggup menjual 17.049 unit untuk wholesales, dan 19.007 unit retail sales.

Sektor yang lumayan berkontribusi besar adalah logistik. Hingga akhir tahun ini, Mitsubishi Fuso akui kira-kira menambah penjualan sekitar 2.000 sampai 2.500 unit. Oktober 2020, penjualan KTB tembus di angka 1.990 unit. Bulan November sekitar 2.000-an unit, dan Desember 2020 diperkirakan mencapai angka 2.000 sampai 2.500 unit.

Tujuh Alasan Pilih Mitsubishi Fuso

Tentu para pelaku usaha punya alasan tertentu, ketika memilih Mitsubishi Fuso dan segenap line up nya untuk menjalankan roda niaga. Sehingga ada kalimat kiasan di antara mereka; “memilih Mitsubishi Fuso adalah sebuah keputusan tepat, yang akan menjadikan usaha berkembang pesat”.

Baca juga : Fuso Dongkrak Penjualan Kendara Niaga Mitsubishi Secara Virtual

Dukungan jaringan terluas di Indonesia, menjadi poin pertama yang memberi jaminan Mitsubishi Fuso siap mengawal para pelaku usaha Indonesia. Lalu poin yang kedua, Mitsubishi Fuso memiliki ragam produk handal dan tangguh, dengan jumlah populasi terbanyak di Indonesia. 

Mitsubishi Fuso

Masuk poin ketiga, Fuso berani menawarkan paket penjualan unit khusus, dengan kemudahan pembiayaan dan penawaran karoseri terbaik. Kemudian poin keempat, bicara konsumsi bahan bakar, Mitsubishi Fuso menjadi kendaraan yang efisien, sehingga menurunkan biaya operasional para pelaku usaha.

Poin kelima adalah layanan purna jual, masa garansi yang panjang hingga 100.000 km untuk varian Colt Diesel, dan 50.000 km untuk Fuso. Begitupula kemudahan dalam mendapatkan kebutuhan suku cadang di seluruh Indonesia, dengan lebih dari 4.700 part shop yang telah tersedia, menjadi poin keenam. 

Selanjutnya poin ketujuh, adanya nilai jual kembali yang tinggi, dan rangkaian program menarik, demi menopang kelancaran bisnis pelanggan.

Jejak Langkah Mitsubishi Fuso di Indonesia

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) semula merupakan distributor resmi dari seluruh kendaraan Mitsubishi. Yang mana terdiri dari kendaraan niaga, kendaraan niaga ringan, dan kendaraan penumpang. 

Tahun 2017 KTB beserta para pemegang saham sepakat memfokuskan entiti bisnis menjadi dua unit, yaitu KTB yang bertanggung jawab untuk pemasaran kendaraan niaga. Sedangkan kendaraan niaga ringan dan kendaraan penumpang, berada pada sebuah unit bisnis bernama PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Tahun Awal Mitsubishi Fuso

Sejarah Mitsubishi Fuso sendiri di Indonesia diawali tahun 1970. Ketika Mitsubishi Colt T100 merupakan produk komersial pertama, sekaligus menjadi awal kehadiran KTB di Indonesia. Tahun 1972 lahir Colt Diesel T-120, lini pengembangan Mitsubishi Colt T100, diikuti Colt Diesel T200 pada tahun 1975.

Mitsubishi Fuso

Kemudian tahun 1977 mulai hadir Fuso FM 215 F, dan tahun 1979 lahirlah Colt Diesel Type FE 101 dan FE 111, awal kabin khas Mitsubishi Colt Diesel FE. Tahun 1983 meluncur Colt Diesel 104, dan pada 1984 dirilis Colt Diesel FE 114, dengan 6 (enam) buah ban, sebagai variasi tambahan yang kian lengkap untuk dunia bisnis. Lalu tahun 1987, dibuatlah Fuso FM 516F.

Periode tahun 1990 hingga 2002, dihadirkan Colt Diesel FE 119 (120 PS) dan FE 449 (120 PS), Fuso FN527 dan FM517H, Colt Diesel FE 447, serta Colt Diesel FE 304, FE 334, FE 347 dan FE 349. 

Tahun 2002, Colt Diesel FE 304, FE 334, FE 347 dan FE 349 mengalami penyempurnaan sistem transmisi. Dari perseneling pada stir atau kemudi (Column Type), menjadi perseneling di lantai (Floor Type). Ditambah perubahan desain head lamp, dari bentuk bulat ke bentuk kotak. Membuat tampilan Colt Diesel jadi lebih modern, dan nyaman dibanding sebelumnya.

Sesuaikan Regulasi Euro 2

Merambah tahun 2007, adalah era baru bagi Mitsubishi Colt Diesel. Karena punya tampilan berubah total, sesuai regulasi Euro 2. Dilengkapi teknologi Mitsubishi Fuso In Dash Gear Shift, inovasi pertama bagi sebuah kendaraan niaga. Merubah total desain, dari posisi tuas transmisi yang menyatu dengan dashboard.

Selanjutnya, tahun 2009, Colt Diesel Super HD lahir, sebagai kendaraan yang diperuntukkan medan berat. Tahun 2011 Colt Diesel HDL diciptakan, bertenaga mesin 136PS, sebagai yang terbesar di kelasnya. Tahun 2012, 3 (tiga) varian baru, yakni Fuso FV51 JH Tractor Head 380PS, Fuso FN 627 6x4 25PS, dan Fuso FN 617 6x2 220PS Long Wheelbase diperkenalkan.

Mitsubishi Fuso

Masuki tahun 2013, dibuatlah Colt Diesel FE 71L oleh KTB, diikuti Fuso Maru-P Long & Super Long; New Fuso Debut, FJ 2523 dan FJ 2528, pada tahun 2014. Setahun kemudian, lahirlah New Fuso FI 1217. 

Era Fighter dan e-Canter

Melangkah ke tahun 2016, tersedia Colt Diesel FE 71 Power Steering, dan FE SHD-X 6.6 Hi Gear. Momen penyegaran dilakukan, melalui adanya perubahan New Chrome Grill, membuat tampilan Colt Diesel kian dinamis.

Rekor Muri ‘Pencapaian Penjualan Satu Juta Unit Kendaraan Niaga Mitsubishi di Indonesia’ sukses dikantongi Mitsubishi Fuso pada tahun 2017. Sementara tahun berikutnya, yakni 2018, KTB menyegarkan tampilan depan Colt Diesel, dengan New Front Grill ‘Fuso’. 

Sampai kemudian tahun 2019 hadirlah Fighter, era baru Mitsubishi Fuso di segmen MDT. Serta semakin peduli akan kelestarian lingkungan, lewat Mitsubishi e-Canter sebagai penjajakan era kendaraan niaga listrik di dunia dan di Indonesia.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
      Komentar
      Kirimkan

        Kendaraan Terbaru

        • Mobil
        • Motor
        Berita Terpopuler
        kredit
        Kalkulator Kredit
        *Tipe
        Mobil Baru
        Mobil Bekas
        *Harga Kendaraan
        *Jumlah Deposit
        *Suku Bunga(%)
        *Masa Cicilan
        Pilih
        • 1 Tahun
        • 2 Tahun
        • 3 Tahun
        • 4 Tahun
        • 5 Tahun
        • 6 Tahun
        Tips:
          Selanjutnya
          kredit
          Kalkulator Asuransi
          *Kode Plat Nomor Kendaraan
          Pilih
          *Jaminan Pokok
          Comprehensive
          Total Loss Only
          *Tahun Kendaraan
          Pilih
            *Nilai Pasar
            Jaminan Perluasan
            • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
            • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
            • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
            • Terorisme dan Sabotase
            • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
            Tips:
              Selanjutnya