Ertiga Bercita Rasa Toyota Resmi Dipasarkan di Afrika Selatan

Otoloka.id - Toyota Rumion menjadi andalan pabrikan asal Jepang ini untuk memikat konsumen di Afrika Selatan. MPV ini menggunakan basis all new Suzuki Ertiga yang telah dipasarkan di Indonesia sejak 2018.

Tentunya sudah tidak asing lagi kalau pabrikan asal Jepang ini menjalin kerjasama dengan brand lain untuk menghasilkan sebuah produk baru. Strategi tersebut bisa dibilang cukup jitu untuk menggaet konsumen baru di berbagai negara.

Kali ini, untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Afrika Selatan Toyota justru mengandalkan Rumion daripada Avanza yang merupakan rebadge dari Daihatsu Xenia. Bahkan secara keseluruhan, MPV 7-penumpang ini tidak jauh berbeda dengan versi aslinya yakni all new Suzuki Ertiga.

Secara dimensi, Suzuki Ertiga versi Toyota ini tidak mengalami ubahan dengan panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.690 mm dan jarak poros roda 2.740 mm. 

Meski sangat kompak, Rumion diklaim tetap menawarkan kabin yang luas.

Persamaan spesifikasi Rumion dan Ertiga tidak hanya itu saja, pada jantung pacunya juga mengusung mesin naturally-aspirated 4-silinder berkapasitas 1.5-liter. Tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin tersebut yakni 103 dk dan 138 Nm.

Selain itu Toyota juga menghadirkan opsi transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. 

Untuk sistem keselamatannya, Rumion telah dilengkapi dengan dual-airbag dan sistem pengereman ABS.

Baca juga: 10 Mobil MPV Favorit untuk Keluarga, Mana Pilihanmu?

Perbedaan Toyota Rumion dan Suzuki Ertiga

Secara desain terdapat beberapa ubahan yang disematkan dalam diri Rumion guna memberikan nuansa baru. 

Pada eksteriornya telah dilengkapi dengan grille dan velg 15-inch yang mengusung bahasa desain khas Toyota.

Sedangkan di bagian interior tampak adanya beberapa aksen kayu dengan tekstur dan warna berbeda jika dibandingkan dengan Suzuki Ertiga. 

Bagasi MPV baru Toyota ini diklaim mampu menampung barang bawaan hingga 803 liter ketika jok baris kedua dan ketiga dilipat.

Baca juga: Ini 3 Mobil Suzuki Terlaris Akibat Kebijakan PPnBM

Meski Toyota Rumion lebih memiliki banyak kesamaan dengan Suzuki Ertiga, pabrikan asal Jepang tampak sangat yakin dengan model terbarunya ini. 

Di Afrika Selatan, MPV ini dibanderol mulai USD 16,382 atau setara dengan Rp 232,8 juta.

  • 0
  • Share
Amos AryaBerawal dari ketertarikan untuk mengabadikan motor sport melalui kamera, pria ini kemudian menunjukkan keseriusannya di dunia otomotif baik itu melalui karya foto, video dan artikel.
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!