Ferrari 296 GTS Merupakan Versi Cabriolet 296 GTB

Otoloka.id- Setelah satu tahun meluncurkan Ferrari 296 GTB, perusahaan asal Maranello, Italia tersebut meluncurkan versi cabriolet, yaitu Ferrari 296 GTS. Model ini menambah lengkap jajaran produk berlogo kuda jingkrak yang menggunakan powertrain hybrid.

Kehadiran Ferrari 296 GTS menjadi pertama buat produsen yang berdiri sejak 1947 ini, seperti model pertama yang mengunakan mesin turbo V6 dengan atap convertible, dan juga menjadi pertama berpowertrain plug-in hybrid vehicle (PHEV) dengan penggerak rear-wheel drive (RWD).

Atap Ferrari 296 GTS dinamakan retractable hard top (RHT) yang lebih ringan dibanding atap soft-top konvensional. Selain itu menurut tim desainer Ferrari, desain RHT tetap meningkatkan aerodinamis sekaligus mengoptimalkan pendinginan mesin.

Jantung pacu Ferrari 296 GTS sama dengan yang terdapat pada 296 GTB, yaitu mesin V6 turbo dengan kemiringan 120 derajat dengan sokongan baterai 7.45 kWh yang menghasilkan tenaga sebesar 818 daya kuda dengan torsi 740 Nm di 6.250 rpm.

Kemampuan mesin hybrid tersebut, mampu melesat dari 0-100 km/jam dengan waktu 2,9 detik saja. Sementara untuk meraih kecepatan 200 km/jam, supercar ini hanya perlu waktu 7,6 detik dengan kecepatan tertinggi 330 km/jam.  

Kehadiran mobil convertible hybrid tersebut memang berakar pada kiprah Ferrari di dunia balap selama 75 tahun. Makanya, model ini mencomot beberapa teknologi inovatif, seperti spoiler aktif terinspirasi oleh LaFerrari yang diintegrasikan ke bumper belakang untuk meningkatkan downforce belakang.

Sementara itu, sistem pengereman mengadopsi dari SF90 Stradale, dengan saluran pendingin di sekitar kaliper. Desain dari Ferrari 296 GTS juga mengadopsi dari Ferrari 250 LM 1963 yang terlihat pada model jendela serta bagian buritan dengan tampil sederhana namun fungsional.

Selain versi standar, tersedia juga paket Assetto Fiorano dengan livery terinspirasi dari 250 LM. Paket ini memodifikasi aerodinamis untuk meningkatkan downforce bagian belakang. Klaim Ferrari dengan paket tersebut menghasilkan tekanan sebesar 360 kilogram di kecepatan 250 km/jam.

Selain dimodifikasi, Ferrari 296 GTS Assetto Fiorano juga mendesain ulang beberapa bagian seperti panel pintu untuk menurunkan bobot hingga 8 kilogram, dan melakukan penggantian ban khusus trek seperti Michelin Pilot sport Cup2R. 

Berminat? <IDR>

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik β€œAkses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!