Fiat Hentikan Penjualan Model Bermesin Konvensional per Juli 2022

Otoloka.id- Demi komitmennya terhadap lingkungan dan mengacu pada peraturan pemerintah, produsen otomotif asal Italia Fiat  akan menghentikan penjualan model bermesin konvensional untuk pasar Inggris. Mereka menggantinya dengan model bertenaga listrik berbasis baterai dan hybrid.

Mengenai peralihan ke elektrifikasi, memang Fiat sudah melakukannya untuk pasar inggris sejak tahun lalu, di mana 60% dari tiap jajaran produknya bertenaga listrik dengan satu varian beremisi rendah dari setiap model yang ditawarkan. Dan, pada Juli 2022 terkonfirmasi 100% tiap produknya bertenaga listrik.

Perjalanan elektrifikasi merek tersebut di Inggris dimulai dengan 500 Hybrid dan Panda Hybrid, lalu dilanjutkan dengan new 500 yang sepenuhnya elektrik. Setelah itu Fiat juga menghadirkan model 500X dan Tipo bersumber tenaga hybrid.

“Langkah dalam sejarah Fiat ini menandai titik penting dalam komitmen kami untuk menyediakan solusi mobilitas yang terjangkau dan berkelanjutan bagi semua pelanggan kami. Langkah ini cocok untuk kendaraan kami yang cocok untuk daerah perkotaan, dipelopori oleh popularitas New 500,” papar Greg Taylor, Managing Director Fiat dan Abarth UK.

Untuk diketahui, tahun lalu menjadi peningkatan terbesar bagi Fiat karena terdapat kenaikan kendaraan yang terdaftar sebanyak 88,3% untuk BEV (battery electric vehicle), 43% untuk HEV (hybrid electric vehicle), dan mild hybrid electric vehicle (MHEV) dengan kenaikan 18,5%.

Dari angka tersebut, Fiat 500 Electric merupakan city car bertenaga listrik yang paling diminati di sebelas negara di Eropa, dan menjadi terlaris kedua di belakang Tesla sebagai mobil listrik berbasis baterai.

Larisnya penjualan Fiat 500 Electric bermula di Italia, lalu disusul Prancis. Tak mau ketinggalan, Jerman juga menjadi negara yang minat akan model ikonik tersebut. Selain pasar Eropa, anak perusahaan Stellantis ini juga merambah ke pasar Brasil dan Jepang untuk melebarkan sayap.

Fiat 500 Electric menjadi model ikonik yang laris di pasar Eropa lantaran dibekali dengan sistem bantuan pengemudi level-2, penyediaan dua pilhan baterai (24 kWh atau 42 kWh) yang mampu menjelajah hingga 320 km.

Selain itu, Fiat juga melengkapi jajarannya dengan model generasi kedua  500 dan Panda hybrid. Keduanya dibekali mesin 1.0 liter tiga silinder kombinasi generator set bertegangan 12 volt yang berpadu baterai 11 Ah.

Pada Februari 2022, Fiat menghadirkan model 500X hybrid terbaru untuk melengkapi elektrifikasi di jajarannya. Sejak diluncurkan pada 2014 silam untuk pasar global, model tersebut sudah terjual lebih dari 750 ribu unit. Generasi terbarunya, dibekali dengan transmisi kopling ganda 7-percepatan. Eksterior juga diupdate melalui penyematan logo baru.

Bersamaan dengan peluncuran Fiat 500X, perusahaan itu juga menghadirkan model Tipo Hybrid yang dilengkapi kursi berpemanas, keyless entry, dan blind-spot assist sebagai standar. Mobil keluarga ini sejak diluncurkan sudah terjual sebanyak 1 juta unit. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!