• Home>
  • Berita>
  • Ford Patenkan Pipa Knalpot Retractable
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Ford Patenkan Pipa Knalpot Retractable

Dilihat 4808
EKO
27 Okt 2021, 13:08
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

ford f-150 raptor

Otoloka.id- Saat melakukan offroad, mungkin salah satu bagian yang rawan terkena benturan adalah ujung knalpot. Hal ini bisa jadi mengganggu mobil saat menanjak karena posisi knalpot menghalangi sudut keberangkatan.

Namun, salah satu pabrikan otomotif Ford sudah mematenkan teknologi knalpot yang dapat ditarik ke dalam, yang berfungsi ketika mobil sedang melintasi medan offroad.

Seperti yang dikutip dari motortrend.com, knalpot tersebut dibenamkan pada tiap model double cabin dan mobil bergenre offroad Ford.  

Dalam kinerjanya, knalpot tersebut layaknya seperti kepala kura-kur, yang jika pada berkendara di medan datar akan keluar. Namun ketika mobil melewati medan curam, ujung knalpot tersebut akan masuk ke dalam.

Di dalam pipa ujung knalpot, terdapat besi yang fungsinya sebagai rel yang terhubung pada rumah mekanis penarik ujung knalpot. Sementara rumah mekanis terhubung dengan bodi bawah mobil.

Meski bertujuan untuk melindungi ujung knalpot dari benturan, nyatanya teknologi tersebut kemungkinan akan merusak bagian lain, bumper misalnya.

Belum lagi, bagian rumah mekanis pada knalpot tarik tersebut akan rawan terjadi macet ketika melalui medan berlumpur, air, atau batu.

Baca juga: Creta, Mobil Pertama Hyundai yang Dirakit di Indonesia Siap Meluncur di GIIAS 2021

Jika ujung knalpot telah mengalami kerusakan, bisa saja itu mempengaruhi perangkat lain yang lebih rumit. Pasalnya sistem teknologi tersebut juga diatur secara elektronik.

Sebenarnya ada solusi lain untuk memberikan sudut keberangkatan yang lebih besar, yaitu dengan mengatur posisi knalpot yang ditempatkan ke area yang lebih tinggi, selama tidak di bawah bumper.

Contohnya seperti pesaing sesama pabrikan Amerika Chevrolet, yang memasang pipa knalpot pada area yang lebih tinggi, yaitu disamping ban serep pada model Silverado 1500 ZR2.

chevy silverado

Jika mobil menanjak di medan offroad curam, yang terkena benturan terlebih dahulu adalah ban serep. Hal itu tentu saja lebih mengurangi potensi kerugian yang ditimbulkan dibanding bumper, dan knalpot.

Baca juga: Wuling Formo Resmi Meluncur, MPV Murah Cuma Rp130 Jutaan

Namun pada Silverado tersebut, tentu saja yang dikorbankan adalah tampilan. Karena tidak adanya ujung knalpot yang terlihat pada mobil.

Bagi beberapa orang, mungkin teknologi knalpot Ford yang bisa ditarik tersebut dapat berguna sekaligus menjaga estetika pada tampilan kendaraan. 

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya