Ford Performance Hadirkan F-100 Pakai Daleman Mustang Mach-E

Otoloka.id- Ford F-100 merupakan pick up dengan desain yang legendaris, tak heran kalau pabrikan Amerika Serikat menghadirkan kembali mobil tersebut, namun dengan sumber tenaga yang berasal dari baterai dan motor listrik.

Proyek modifikasi tersebut digarap oleh divisi Ford Performance, dan ditampilkan pada pameran otomotif Los Angeles. Ford F-100 bertenaga listrik tersebut diberi nama F-100 Eluminator.

Dalam konsepnya, divisi tersebut menggabungkan dua motor listrik milik Ford Mustang Mach-E ke dalam kaki-kaki pick up lansiran tahun 1978 tersebut. Lalu, mereka menyeting mobil tersebut menjadi penggerak empat roda.

Karena menggunakan motor listrik bawaan Mustang Mach-E varian GT, pick up F-100 Eluminator menghasilkan tenaga sebesar 480 daya kuda, dengan torsi sebesar 859 Nm.

Untuk menggarap proyek tersebut, divisi Ford Performance tak sendirian, mereka dibantu oleh Roadster Shop dan Mle Racecars untuk membuat sasisnya. Akibatnya, mobil tersebut punya ground clearance yang lebih rendah.

Bagian interiornya diracik ulang menggunakan material aluminium billet, dan hampir semua panel instrumennya mengambil dari bawaan Mustang Mach-E. Sementara joknya dilapis dengan bahan kulit berwarna coklat.

“Faktanya adalah performa elektrik itu menyenangkan, dan seiring industri bergerak ke arah kendaraan listrik, motorsport dan performa aftermarket juga akan begitu,” kata Mark Rushbrook, selaku Direktur Global Ford Performance, seperti yang dikutip dari autocar.co.uk.

Baca juga: Ford Memiliki Mustang Mach-E Baru, Akankah Jadi Yang Tercepat?

Ternyata, Ford Performance memang sengaja membuat modifikasi tersebut untuk dijual bebas. Mereka mendesain motor listrik Eluminator yang juga menyomot dari kepunyaan Mustang Mach-E GT.

Namun, untuk perangkat yang dijual bebas, punya performa yang lebih rendah, yaitu tenaga puncaknya sebesar 280 daya kuda, dengan torsi sebesar 429 Nm saja.

Perangkat motor listrik besutan Ford Performance dijual seharga 55 jutaan Rupiah. Memang, perangkat tersebut dijual untuk menyasar pembuat mobil kustom vintage Amerika, yang kadang juga terjun di ajang balap.

“Sama seperti Ford yang berkomitmen untuk memimpin revolusi listrik di sisi produk, Ford Performance juga berkomitmen untuk menang dalam performa dan olahraga motor," tutup Mark Rushbrook. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!