General Motors Patenkan Pilar A Tembus Pandang Untuk Optimalkan Visibilitas

Otoloka.id- Salah satu struktur pada bodi mobil yang berperan penting adalah pilar. Bagian ini penting karena menjadi penopang dari kaca depan maupun jendela. Pilar juga berfungsi untuk menahan penumpang di dalam kabin ketika terjadi kecelakaan.

Namun bagi beberapa orang, adanya pilar (dalam hal ini pilar A) dapat mengganggu visibilitas berkendara. Apalagi saat melihat ke salah satu sudut saat kendaraan berbelok. Dengan visibilitas yang kurang optimal itu, General Motors (GM) mengajukan paten pilar A yang tembus pandang.

Seperti yang dikutip dari motortrend.com, paten yang diajukan oleh General Motors bertujuan untuk meningkatkan kesadaran berkendara, namun tetap mengedepankan sisi keselamatan dan kekuatan pada struktur kendaraan.

Dalam paten yang diajukan tersebut, General Motors menyebutnya sebagai "pilar-A komposit yang diperkuat oleh serat baru yang mencakup satu atau lebih bukaan yang dirancang diresapi dengan resin atau komposit transparan,"

Dengan pilar A terbuat dari serat komposit dengan bahan transparan, yang memiliki bukaan, akan membuat bagian tersebut dapat menyaring sinar ultraviolet (UV) dan infra merah (IR). Sinar yang berasal dari UV dan infra merah akan tampil melalui pilar transparan.

"bahan transparan dipilih dari bahan yang memiliki koefisien transmisi setidaknya 50 persen untuk cahaya dalam panjang gelombang inframerah (IR), tampak, ultraviolet (UV) dan indeks bias antara 1 dan 2 untuk cahaya tampak, seperti polimetilmetakrilat (PMMA) atau polikarbonat transparan secara optik." Seperti yang terdapat pada penjelasan.

Meski dibuat dari bahan transparan, teknologi tersebut juga akan diperkuat oleh bahan lain sebagai penyangganya. Dan penyangga itu dapat digunakan juga sebagai tempat untuk menyematkan komponen lain di bagian dalamnya.

Contohnya seperti penyematan kabel listrik, yang terdapat pada kaca bagian depan dan belakang pada mobil masa kini, yang biasanya berguna untuk menghilangkan kabut. Tak hanya itu, pilar transparan tersebut juga kompatibel dengan pengaturan jendela yang dapat diredupkan secara elektronik.

Namun, GM sampai saat ini belum mengumumkan, apakah teknologi tersebut akan dipakai di lini produk yang mana. Kita cuma bisa menunggu kabar selanjutnya saja. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!