GR Corolla Diluncurkan oleh Toyota Gazoo Racing Rilis

Otoloka.id- Akhir Maret 2022, Toyota Gazoo Racing (TGR) Amerika merilis GR Corolla sebagai bagian dari mobil balap murni Toyota setelah GR Yaris. Mobil berjenis hatchback tersebut memang memiliki DNA balap Toyota, yaitu Corolla TE25 yang menang juara reli dunia pada 1973, dan diikuti Corolla Levin dengan menjuarai 1.000 Lakes Rally pada 1975.

Sebelum resmi diluncurkan, Toyota GR Corolla yang masih menjadi prototipe tersebut pernah mengikuti beberapa ajang balap, seperti Super Taikyu Series, yang waktu itu menggunakan mesin hidrogen. Mobil protoipe tersebut, dikemudikan sendiri oleh CEO Toyota Akio Toyoda.

Toyota GR Corolla menggunakan mesin yang sama dengan GR Yaris, yaitu 1.6 liter tiga-silinder turbo berkode G16E-GTS Turbo, dengan keluaran tenaga sebesar 300 daya kuda, dengan torsi 370 Nm. Sebagai bahan perbandingan tenaga GR Yaris 261 HP, sementara torsinya 360 Nm.

Hatchback tersebut, mengadopsi platform GA-C buatan pabrik GR Toyota di Motomachi yang hadir dengan palka lebar, dan memiliki pusat gravitasi rendah untuk aerodinamis. Penyematan ventilasi di kap mesin dan beberapa bagian lain juga menambah aerodinamis sekaligus mendukung stabilitas mengemudi.

Mobil menggunakan sistem penggerak empat-roda (AWD) bermerek dagang GR-Four dengan pembagian torsi 40-60, 50-50, atau 30-70, yang diatur melalui sistem transmisi manual enam percepatan berteknologi intelligent manual transmission (iMT).

Sebagai hot hatch masa kini, GR Corolla yang akan dijual pada akhir tahun nanti, akan menyediakan dua varian, yaitu Core dan Circuit Edition. Keduanya memiliki tampilan yang berbeda, dengan penyematan fitur dan aksesoris yang berbeda pula.

Pada varian Core, akan tersedia dalam warna white, black, dan supersonic red. Model ini memiliki perbedaan atap yang dikelir senada dengan bodi, dan fender lebar. Bagian interiornya terdapat kursi berbahan kain dengan logo GR yang dapat menampung lima orang.

Sementara untuk varian Circuit Edition, akan diproduksi dengan jumlah terbatas yang tersedia pada 2023. Warna yang tersedia adalah white, supersonic red, dan heavy metal, dengan penyematan warna atap serat karbon tempa.

Di bagian interior GR Corolla varian Circuit Edition, terdapat kursi balap dengan balutan suede Brin Naub, yang dipermanis dengan aksen berwarna merah. Sementara bagian lain seperti tuas transmisinya akan mendapat logo Morizo yang ekslusif.

Setiap varian Toyota GR Corolla akan menggunakan sistem multimedia baru sesuai dengan pengembangan mobil Toyota masa kini. Ada juga sistem bantuan pengemudi seperti Toyota Safety Sense. Canggih, bukan?

Soal harga GR Corolla, akan diumumkan akhir tahun ini. <IDR>

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!