Fuso Fighter X Euro 4 Mulai Diproduksi

Otoloka.id- Pemerintah Indonesia telah berlakukan regulasi Euro 4 untuk kendaraan bermesin diesel, yang berlaku pada jajaran produk produksi April 2022. PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor Mitsubishi Fuso tak hanya siap dengan produk Euro 4 saja, tetapi juga melakukan transformasi seperti yang dilakukan pada Fuso Maru-P menjadi Fuso Fighter X.

Fuso Maru-P menjadi bagian dari Mitsubishi Fuso di segmen medium duty truck (MDT) yang dirakit oleh PT Krama Yudha Ratu Motor (KRM). Model tersebut dirakit sejak tahun 1987 dan harus berhenti diproduksi pada 30 Maret 2022 kemarin dengan total produksi 113.409 unit.

Ada alasan kenapa Fuso Maru-P tidak dilanjutkan produksinya, yaitu lantaran model tersebut masih mengadopsi standar emisi Euro 2 yang sudah tak berlaku lagi di Indonesia. Setelah itu, sudah ada jajaran produk lain di segmen MDT yang lebih ramah lingkungan, yaitu Fuso Fighter X.

Meski begitu, Mitsubishi Fuso Maru-P sudah terkenal sebagai truk yang andal di berbagai sektor bisnis. Makanya, model tersebut awet diproduksi selama 35 tahun. Dengan model yang sama tanpa banyak perubahan.

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah memberikan kepercayaan kepada Fuso Maru-P. Kami akan terus berkomitmen untuk menyediakan produk yang berkualitas serta layanan purna jual yang prima bagi seluruh konsumen. Sebagai penerus dari Fuso Maru-P, kami telah meluncurkan model baru, Fuso Fighter X untuk memenuhi kebutuhan bisnis konsumen. Tersedia 14 varian Fighter X yang dapat dipilih oleh para konsumen,” papar Nobukazu Tanaka, Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors

Dalam gelaran seremoni produksi terakhir Maru-P di PT KTB Pulogadung (14/4), Nobukazu dalam sambutannya juga menambahkan bahwa perusahaannya mematok target penjualan sebesar 27 persen di tahun ini untuk segmentasi MDT.

Ini lantaran Fuso Fighter X sebagai pengganti dari Maru-P nyatanya tak hanya lebih efisien bahan bakar saja, tetapi tenaga yang dihasilkan juga meningkat. Selain itu, truk Fuso tersebut juga memiliki tampilan yang lebih segar dan dinamis.

Selain itu, peningkataan fungsional juga ditambahkan pada Fuso Fighter X, seperti dimensi yang lebih besar, dan sistem keselamatan lebih mumpuni, karena dibekali dengan anti-lock brake system (ABS) dan Full Air Brake.

Mitsubishi Fuso Fighter X akan bergabung dengan varian light duty truck (LDT) Canter, dan melengkapi jajaran produk PT KTB yang saat ini berjumlah 29 varian dengan stadarisasi Euro 4. <IDR>

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!