Hankook Ciptakan Ban Mobil Listrik

Otoloka.id- Setelah menjalin kerjasama dengan Hyundai, produsen ban asal Korea Selatan Hankook ciptakan ban mobil listrik. Langkah Hankook ini bertujuan mendorong transisi menuju kendaraan tanpa emisi.

Ban khusus tersebut dinamakan Hankook iON, yang tersedia mulai dari ukuran 18 inci hingga 22 inci. Ada tiga varian desain dari ban iON, yaitu Hankook Ventus iON S, Hankook Winter i*cept iON, dan Hankook Ventus iON A.

Ban mobil listrik Hankook Ventus iON S merupakan ban musim panas, yang akan tersedia untuk pasar Eropa pada bulan Mei 2022. Sementara Hankook Ventus iON A menjadi ban sepanjang musim yang akan tersedia di pasar Amerika Utara.

Seperti yang dikutip dari autoevolution.com, selain tiga varian dari ban iON yang baru dirilis tersebut, Hankook rupanya juga berencana untuk merilis desain lain, yang akan menyusul.

Mengenai keunggulannya, Hankook mengklaim bahwa ban buatan mereka memiliki kemampuan untuk mengoptimalkan efisiensi tenaga kendaraan listrik.

Dengan begitu, kendaraan listrik yang menggunakan ban tersebut akan memperoleh daya jelajah yang lebih jauh, ketimbang ban standar.

Ban mobil listrik Hankook tersebut juga diklaim mampu melawan gaya deformasi, yang disebabkan oleh tingginya torsi yang dikeluarkan oleh kendaraan listrik. Ini lantaran penyematan bahan aramid yang dikombinasikan dengan senyawa tapak berbahan resin alami yang bikin ban jadi tahan lama.

Di dalam komposisi ban khusus mobil listrik tersebut, juga dimasukkan bahan berupa minyak alami sebagai bahan baku pembuat kompon. Hankook menjelaskan, bahwa ini memberikan efek positif pada jarak tempuh ban.  

Selain memiliki teknologi untuk membuat daya jelajah mobil listrik makin jauh, ban iON juga menggunakan teknologi peredam suara dan berkat desain pola ban yang spesifik. Hal tersebut secara signifikan mengurangi kebisingan di dalam interior.

Meski sudah ada informasi mengenai berbagai desain yang dikhususkan untuk medan tertentu, tetapi sampai saat ini Hankook masih belum memberi informasi mengenai harga dari ban khusus mobil listrik tersebut. ##

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!