Otoloka.id - Bagi pemburu Low Sport Utility Vehicle (LSUV) yang ciamik sepertinya Toyota All New Rush bisa jadi salah satu pilihan yang wajib untuk dipertimbangkan. 

Generasi terbaru Toyota Rush yang terakhir diluncurkan adalah di tahun 2018 dengan banderol Rp 250 jutaan – Rp 270 jutaan per unitnya. 

Tetapi jika sedikit berkendala dengan harga yang terlalu mahal, ada baiknya mempertimbangkan juga untuk memasukkan Toyota All New Rush bekas sebagai pilihan.

Harga kembaran dari Daihatsu Terios yang jadi rival langsung Mitsubishi Xpander ini memang  masih lumayan tinggi karena usia unit rilisan terbarunya yang masih terbilang cukup muda, yaitu 3 tahun.

Walaupun begitu Toyota All New Rush tidak akan sulit untuk di dapatkan di pasar-pasar mobil bekas. Mobil dengan kapasitas 7 orang atau 7 seater ini memiliki tampilan yang lebih sporty dan tentu saja lebih modern daripada generasi sebelumnya. 

Dengan desain yang modern inilah Toyota All New Rush tak perlu waktu lama untuk memikat hati para pecinta LSUV di Tanah Air.

Harga Bekas Toyota All New Rush, Bisa Jadi Alternatif Buat Pemburu LSUV

Bukti bahwa Toyota All New Rush adalah mobil yang modern adalah dengan dilengkapinya fitur-fitur seperti Tilt Steering, Smart Start Stop Engine Button, Kamera Parkir dan Head Unit layar sentuh yang bisa dikoneksikan dengan smartphone Anda. 

Di bagian keselamatan, fitur Vehicle Stability Control (VSC), Anti-Lock Braking System (ABS), Hill Start Assist (HAS) dan 6 Airbags juga sudah jadi balutan dan andalan dari mobil ini. 

Untuk bagian dapur pacu, Toyota All New Rush menggunakan tipe mesin 2NR-VE, 4 Cylinder In-Line, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i dengan daya maksimal 104 HP pada 6.000 rpm.

Sejarah Toyota Rush di Indonesia

Sebelum melihat harga bekas dari Toyota All New Rush, mari mengintip sedikit tentang sejarah dari mobil ini. Toyota Rush pertama kali diluncurkan di Indonesia tahun 2006 dengan desain gagah layaknya desain jip. 

Generasi pertama ini masih mengusung ban cadangan yang menggantung di bagian pintu bagasi yang akhirnya dijuluki Rush Konde. 

Kapasitas Rush generasi pertama awalnya hanya 5 seat dengan tiga varian mesin yaitu G Manual 5 Percepatan, S Manual 5 Percepatan, serta S Otomatis 4 percepatan.

Masih dibagian mesin, mesin Toyota Rush mengusung kode 3SZ-VE berteknologi DOHC berkapasitas 1500 cc 4 silinder dengan teknologi VVT-i. 

Dengan dibekali mesin tersebut, tenaga yang dihasilkan diklaim mencapai 107 HP dengan torsi maksimalnya mencapai 145 Nm. 

Untuk dimensi, Toyota Rush generasi pertama sendiri memiliki panjang 4.420 mm, lebar 1.745 mm, serta tinggi 1.740 mm. 

Setelah mendapatkan sambutan yang cukup positif pada tahun 2009, Toyota Rush mulai bersolek dengan mengubah bagian grill dengan model yang lebih modern dengan desain yang berbentuk persegi panjang dan adanya foglamp dan lubang udara pada bumper. 

Tahun berikutnya, Toyota Rush merilis varian G transmisi otomatis dengan sedikit penyegaran kembali dengan memberikan sentuhan krom pada bagian eksteriornya.

Kemudian pada tahun 2013 Toyota Rush kembali menghadirkan varian barunya yaitu TRD Sportivo yang menggantikan varian Rush S. 

Perubahan yang cukup banyak dihadirkan pada eksterior dengan adanya spoiler rear bumper, emblem TRD Sportivo di bagian belakang mobil, stiker TRD Sportivo pada bagian samping, dan penanda signifikan TRD Sportivo berupa garis tipis berwarna merah pada bagian bumper.

Pada varian ini, fitur-fitur dual SRS Airbags, pretensioner, indikator pengingat seat belt, dan fitur bawaan dari varian sebelumnya yaitu ABS juga sudah disematkan untuk melengkapi kekurangan di varian sebelumnya. 

Masuk ke tahun 2016, tongkat estafet Toyota Rush untuk memperbaharui varian TRD Sportivo menjadi lebih tinggi terus dilakukan dengan hadirnya TRD Sportivo Ultimo.

Dengan sedikit ubahan pada eksterior, varian ini lebih banyak fokus mengembangkan pada bagian kaki-kaki dengan menggunakan New Shock Absorber dan Coil Spring Dual Rate yang merupakan racikan dari TRD sendiri. 

Pada bagian interior, ubahan yang terjadi adalah pada head unit yang menggunakan layar sentuh dengan banyak macam konektivitas. 

Di bagian setir, tampak ada desain baru dengan penyematan steering switch di sebelah kiri setir untuk mengontrol sistem audio.

Dua tahun setelahnya, Toyota All New Rush yang merupakan generasi kedua dari Toyota Rush mulai dirilis dan langsung menyita banyak mata saat peluncurannya. 

Mobil ini hadir dengan tampilan eksterior menggunakan gril depan berupa 4 garis horizontal yang tipis dan desain headlamp yang tetap dibuat menyipit.

Head lamp pada Toyota Rush baru ini memiliki tambahan fitur DRL dan LED Position Lamp yang dapat memberikan penerangan yang maksimal.

Pada bagian interior, dashboard Toyota All New Rush memiliki head unit layar sentuh berukuran 7 inci dengan koneksi DVD AVX 7 inci.

Head unitnya ini sudah lengkap dengan internet, Multitasking Support (Miracast/Weblink with Radio/USB/CD), Bluetooth, iPod/iPhone connectivity, Weblink (Waze Support), dan Smartphone Remote App. 

Head unit layar sentuh ini juga sudah terkoneksi dengan rear parking camera yang akan memudahkan pengemudi untuk melakukan parkir mundur.

Kursi pada Toyota All New Rush memiliki tiga baris dengan daya tampung sampai dengan 7 orang. Untuk bagian bagasi, ruang penyimpanannya akan jadi semakin besar jika baris ketiga kursi dilipat. 

Untuk fitur keselamatan, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya yaitu fitur Vehicle Stability Control (VSC), Anti-Lock Braking System (ABS), Hill Start Assist (HAS) dan 6 Airbags sudah jadi bagian dari Toyota All New Rush.

Selain itu, fitur immobilizer dan alarm juga jadi beberapa bagian keamanan Toyota All New Rush. Ada juga fitur Seat Belt Warning Buzzer yang terus berbunyi apabila semua sabuk pengaman tidak dipakai saat mesin dihidupkan. 

Tidak lupa hadirnya rear parking camera yang juga dilengkapi dengan sensor parkir yang semakin memudahkan pengendaranya untuk memarkirkan kendaraannya terutama jika harus parkir mundur.

Spesifikasi Umum Toyota Rush

Spesifikasi lain dari Toyota All New Rush bisa dilihat pada tabel berikut.

Mesin Toyota Rush 2018

Tipe

2NR-VE DOHC Dual VVTi, 4 silinder segaris 16 katup

Kapasitas

1.496 cc

Tenaga Maksimum

104 Ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimum

137 Nm / 4.200 rpm

Diameter X Langkah

72,5 x 90,6 mm

Sistem Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection

Transmsi

Manual 5 percepatan dan Otomatis 4 Percepatan

Dimensi Toyota Rush 2018

Dimensi (P x L x T)

4.435 x 1.695 x 1.705 mm

Jarak Pijak

1.445 mm (Depan) / 1.460 mm (Belakang)

Jarak Terendah ke Tanah

220 mm

Jarak Sumbu Roda

2.685 mm

Kapasitas tangki

45 Liter

Suspensi dan Kaki-Kaki Toyota Rush 2018

Suspensi depan

MacPherson Strut dengan Per Keong dan Stabilizer

Suspensi belakang

5 link, Rigid Axe dengan Per Keong dan Stabilizer

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

215/65 R16 (tipe G), 215/60 R17 (tipe TRD Sportivo)

Harga Bekas Toyota Rush

Untuk varian harga bekas Toyota All New Rush bisa lihat dibawah ini.

Varian

Tahun

Harga

Toyota All New Rush G A/T

2018

Rp 210 juta

Toyota All New Rush G M/T

2018

Rp 200 juta

Toyota All New Rush S TRD A/T

2018

Rp 230 juta

Toyota All New Rush  S TRD M/T

2018

Rp 220 juta

Toyota All New Rush S TRD A/T

2019

Rp 240 juta

Toyota All New Rush  S TRD M/T

2019

Rp 230 juta

*Harga di atas diambil dari hasil survei sejumlah pedagang mobil bekas di Jabodetabek

*Harga di atas merupakan harga kisaran

*Harga bisa naik atau turun sewaktu-waktu


  • 0
  • Share
Yunita EfendiTidak ada Biodata penulis
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!