Hino Luncurkan Truk dan Bus Baru Standar Emisi Euro-4

Otoloka.id- Produsen kendaraan niaga, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) meluncurkan semua kendaraan Hino dengan standar mesin emisi Euro4 di Hino Total Support Customer Center (HTSCC) Purwakarta, Jawa Barat (9/3/2022). Untuk itu, pengembangan dan infrastruktur pun sudah Hino siapkan dengan matang.

Persiapan yang dilakukan Hino cukup banyak, mulai dari lini produksi, jaringan outlet, system teknologi, peralatan teknis, layanan purna jual, hingga SDM dan mekanik yang terlatih. Paling penting, tentu saja termasuk mesin baru common rail yang lebih tangguh, ekonomis dan ramah lingkungan, memenuhi regulasi Euro4.

Untuk mengikuti perkembangan era Euro4 ini Hino mempertahankan DNA-nya, yakni Quality Durability Reliability atau QDR. DNA tersebut telah digunakan selama 40 tahun Hino hadir di Indonesia. Seperti diketahui, Hino menjadi market leader di segmen medium duty truck secara berturut-turut selama 22 tahun hingga saat ini dengan pangsa pasar diatas 50%.

Untuk memenuhi permintaan pasar kendaraan komersial yang sesuai dengan tuntutan zaman saat ini, semua kendaraan Hino yang diproduksi pun sudah berteknologi mesin Euro4. Produk Hino memenuhi semua lini kebutuhan bisnis, mulai dari light-duty truck Hino Dutro, medium-duty truck Hino Ranger, heavy-duty truck Hino Profia dan Hino Bus.

“Kendaraan yang luncurkan tidak hanya untuk memenuhi regulasi Euro4. Lebih dari itu, untuk menguatkan posisi Hino sebagai pemimpin pasar yang terus berkontribusi untuk kemajuan dan pengembangan transportasi di Indonesia yang lebih ramah lingkungan.” ungkap Masato Uchida, Presiden Direktur HMSI.

Penerapan sejumlah fitur canggih tetap disematkan pada kendaraan Hino Euro4. Hino menggunakan sasis yang kuat teruji dilapangan, gross vehicle weight (GVW) yang lebih optimal, sistem pengereman yang reponsif menggunakan full air brake dan ABS, hingga sistem bahan bakar dengan mekanisme 3x penyaringan bahan bakar dan injector dengan full Diamond Like Carbon (DLC) untuk meningkatkan ketahanan aus.

Santiko Wardoyo, COO – Director HMSI, mengatakan “Hino dengan truk dan bus Euro4-nya memiliki transmisi dan mesin baru common rail yang tentunya tidak hanya kuat dan tangguh di segala medan operasi, juga memiliki emisi gas buang ramah lingkungan.”
Mesin common rail Hino dilengkapi teknologi Diesel Oxidation Catalyst (DOC) untuk mengurangi emisi gas buang karbon monoksida (CO), dan Hidrokarbon (HC) selain itu terdapat Exhaust Gas Recirculation (EGR) untuk menurunkan kadar emisi gas buang NOx, dan Selective Catalytic Reduction (SCR) untuk model tertentu.

Mesin common rail Hino Euro4 juga memiliki Variable Nozzle Turbo (VNT) untuk meningkatkan suplai udara ke ruang bakar untuk menghasilkan tenaga secara responsif, serta ECU generasi terbaru yang telah terintegrasi dengan EDU. Ragam teknologi yang ada tersebut membuat mesin common rail Hino memiliki emisi gas buang ramah lingkungan, efisiensi bahan bakar yang baik, dan menghasilkan suara mesin halus dan minim getaran.

Masahiro Aso, Presiden Direktur PT Hino Motors Manufactruing Indonesia (HMMI) menjelaskan“Untuk mencapai target emisi gas buang yang ditetapkan, sebaiknya menggunakan bahan bakar solar dengan minimal Cetane Number 51 dan kandungan sulfur maksimal 50ppm”.

Untuk itu HMMI menjamin untuk kualitas kendaraan Hino yang dihasilkan saat ini, karena Hino Indonesia telah berpengalaman dalam memproduksi kendaraan EURO4 untuk pasar ekspor.

  • 0
  • Share
IsmetIsmet bekerja sebagai jurnalis sejak tahun 2012 dan dimulai di Tabloid Motorplus (Kompas Gramedia). Senang dengan dunia otomotif roda dua dan sempat bekerja di beberapa media otomotif lainnya, menjadikan Ismet menggemari juga dunia otomotif roda empat, hingga akhirnya sekarang bergabung di Otoloka.id dan dinamika dunia otomotif selalu menjadi hal yang menarik baginya.
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!