Honda Autonomous Work Vehicle, Mobil Otonomos yang Menggemaskan

Otoloka.id- Jika melihat tampilan Honda Autonomous Work Vehicle (AWV), sangat menggemaskan bukan? Mengingatkan kita pada mobil robot di film kartun. Namun, sejatinya Honda AWV adalah mobil robot.

Pada generasi kedua ini, Honda AWV terlihat sedang diuji coba di lahan perusahaan konstruksi energi matahari, Black & Veatch. Hasilnya, berbagai target fungsi yang diinginkan tercapai. Karena, memang tujuan dibuatnya mobil tersebut untuk melakukan pekerjaan.

Seperti yang dikutip dari slashgear.com, beberapa pekerjaan yang dilakukan oleh mobil bertenaga listrik penuh ini meliputi; menarik, mengangkut material konstruksi, membawa air, dan mensuplai pasokan lainnya ke tiap tujuan lokasi kerja.

Honda AWV generasi sebelumnya pernah juga diuji coba, tapi dalam skala internal saja, sementara pada generasi kedua, uji cobanya melibatkan pihak lain dengan beberapa unit mobil, dan dengan cakupan lahan yang luas.


Untuk menjelajah di lokasi yang luas, Honda AWV sudah dibekali dengan fitur otonom canggih, yang menggunakan beberapa sensor. Seperti radar, lidar, GPS, dan kamera 3 dimensi stereo.

Baca juga: Intip Spesifikasi Mobil Listrik Mitsubishi Minicab MiEV yang Dikendarai Jokowi

Mobil tersebut juga dapat dioperasikan pada jarak jauh, apabila mobil tersebut melalui medan yang tak ideal untuk otonom.

Black & Veatch punya luas lokasi sebesar 1.000 hektar, dan Honda melakukan pemetaan lokasi untuk menentukan titik jalan dan berhenti. Insinyur Honda juga melatih karyawan dari perusahaan konstruksi tersebut mengenai protokol operasi dan keselamatan mobil tersebut.

Honda AWV generasi kedua punya dimensi panjang 2.438mm, lebar 1.295mm, dan tinggi 1.219mm, dengan berat kosong 721 kilogram. Mobil tersebut mampu mengangkut beban seberat 408 kilogram, menarik beban seberat 725 kilogram.


Sebagai mobil listrik, Honda AWV dapat menjelajah sejauh 449 kilometer dalam sekali pengisian daya, dan itu dalam kondisi mobil tersebut sedang membawa muatan. Untuk mengisi dayanya sampai penuh, dibutuhkan waktu selama enam jam pengecasan.

Baca juga : Hadiri GIIAS 2021, Jokowi Dukung Ekosistem Mobil Listrik di Indonesia

Honda telah memverifikasi bahwa kendaraan pekerja tersebut dapat beroperasi di berbagai layanan, terutama yang membutuhkan kendaraan offroad otonom. Namun, saat ini pabrikan Jepang tersebut enggan untuk menjualnya secara komersil. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!