Hyundai Staria Menyabet Bintang Lima Penilaian Keamanan ANCAP

Otoloka.id- Hyundai memang serius menggarap mobil. Tak hanya soal desain dan teknologi, pabrikan asal Korea Selatan tersebut juga mengimprovisasi bagian keselamatan pada tiap lini produk mereka. Salah satunya adalah Hyundai Staria yang meraih bintang lima dalam skor keamanan ANCAP.

ANCAP yang menjadi lembaga objektif terkait keamanan mobil di Australia, memberikan skor sebesar 85 persen untuk perlindungan penumpang dewasa, 65 persen untuk pengguna jalan lain, dan 74 persen untuk fitur dan bantuan keselamatan aktif.

Bahkan, dalam penilaian penumpang anak-anak di baris kedua, Hyundai Staria mendapat skor 85 persen, seperti yang dilansir dari carexpert.com.au.

Dalam pengujian yang berlangsung, ANCAP menggunakan Hyundai Staria yang berbahan bakar bensin, dan diesel. Keduanya hanya menggunakan varian yang bertransmisi otomatis.

Baca juga: DFSK Sukses Pasarkan Super Cab di Sumatera, Ini Rahasianya

Dalam pengujian yang dilakukan, Hyundai Staria mendapat skor yang cukup baik di semua bidang penilaian. Mobil tersebut, mendapat poin penuh pada pengujian benturan samping untuk penumpang dewasa dan anak-anak, serta untuk pengemudi dalam uji penghalang.

Untuk sistem keselamatan pasif, Staria hadir dengan airbag samping pelindung kepala dan dada, dan airbag di bagian tengah. Sementara keselamatan aktifnya, berupa Autonomous Emergency Braking (AEB), dan fitur Lane Support System (LSS) sebagai standar.

ANCAP mengatakan, Staria punya kinerja baik di sebagian besar uji coba keselamatan aktifnya dalam pengujian sistem AEB mobil-ke-mobil, dengan skenario menghindari tabrakan, meskipun pada fitur itu tidak merespons kendaraan atau pejalan kaki saat berbelok.

Sementara fitur Lane Keep Assist dan Emergency Lane Keeping pada mobil tersebut juga mendapat predikat memuaskan, karena menyandang status “good capability”.

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Hyundai Kembali Tambah Jaringan di Kelapa Gading

“Peringkat keselamatan untuk Hyundai Staria akan diterima dengan baik oleh keluarga, dengan Staria menjadi kendaraan ketiga di segmen People Mover yang mencapai peringkat keselamatan bintang 5 di bawah kriteria ANCAP 2020-2022 – yang paling ketat hingga saat ini, ” kata kepala eksekutif ANCAP Carla Hoorweg.

Selain Hyundai Staria, mobil lain yang juga menjadi bahan penilaian ANCAP adalah Kia Carnival yang meraih posisi kedua, serta Volkswagen Caddy yang menyabet peringkat ketiga. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!