In&Motion Menghadirkan Airbag untuk Seluruh Pengendara Motor

Otoloka.id- Pada tahun 2018, pembalap MotoGP sudah dibekali airbag yang berada di dalam baju balap mereka. Tentu saja, adanya kantung udara ini sangat membantu mengurangi cidera yang terjadi ketika kecelakaan.

In&Motion selaku perusahaan dibalik fitur keselamatan tersebut, tidak mau hanya pembalap pro dan orang kaya saja yang bisa menikmati keamanan airbag ketika berkendara. Mereka juga ingin fitur airbag besutannya dipakai oleh pengendara sepeda motor jalan raya.

Tetapi untuk menghadirkan fitur tersebut In&Motion tidak menjual perangkatnya sendiri. Mereka menjualnya kepada merek-merek pakaian berkendara yang sudah ada. Contohnya seperti RST, Furygan, dan Kim and Held, yang sudah mengeluarkan jaket, dan setelan yang sudah dibekali fitur besutan In&Motion tersebut.

Seperti yang dikutip dari motorcyclenews.com, Pierre-Francois Tissot yang merupakan salah satu insinyur pendiri In&Motion, menjelaskan tiga hal utama yang perlu dipertimbangkan dalam airbag. Di antaranya adalah, mendeteksi kecelakaan, melindungi dalam kecelakaan, dan itu harus dipakai.

"Deteksi dilakukan oleh sejenis otak, dengan sensor dan CPU yang membuat perhitungan 1000 kali per detik. 'Otak' yang sama digunakan pada semua produk In&Motion dan itu disebut In&Box."

Tissot bilang, sensor dan CPU pada In&Box melakukan deteksi dengan algoritma yang terus meningkat, dengan pembaharuan yang dikirim ke melalui jaringan Wi-Fi. Jadi, airbag tersebut akan berfungsi ketika resiko kecelakaan berkisar 91 persen.

Baca juga: Hindari Melakukan Ini, Agar Jaket Motor Kesayangan Lebih Awet

"Ketika tabrakan terdeteksi, kami datang ke fase perlindungan, menggembungkan bantalan di sekitar tubuh, dari perut, di sekitar leher dan kemudian dengan dua tabung turun kembali ke tulang belakang. Bentuknya dibuat untuk menyerap benturan dan memberi kekakuan ekstra di sekitar bagian tertentu. Cedera leher sering kali diakibatkan oleh gerakan besar. Kami menghindarinya dengan menggembungkan kerah di sekitar leher," tambah Tissot.

Hal utama yang terakhir adalah airbag tersebut harus dipakai. Kerja sama yang dilakukan antara In&Motion dengan Tucano Urbano baru-baru ini adalah menghadirkan airbag dalam pakaian komuter berbentuk rompi, yang bernama Airscud.

"Komuter tidak akan pernah memakai baju balap, kita harus beradaptasi agar sesuai dengan kehidupan sehari-hari orang," tutup Tissot.

Tucano Urbano Airscud merupakan rompi yang dapat dijadikan jaket, dengan dibenamkan In&Box didalamnya. Rompi tersebut dijual seharga 399 Euro atau Rp 6,5 jutaan plus tambahan biaya sewa perangkat airbag In&Box sebesar Rp 200 ribu per bulannya. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!