Otoloka. id - Fitur TSS alias Toyota Safety Sense merupakan fitur keselamatan paling mutakhir dari Toyota. Dua model mobil yang sudah mendapatkan fitur ini di antaranya adalah Toyota Raize dan Toyota Veloz.

Mengenal Fitur Toyota Safety Sense (TSS) pada Raize dan Veloz!Sebelumnya, fitur Toyota Safety Sense ini hanya tersedia pada mobil-mobil Toyota yang masuk ke dalam kelas premium.

Tetapi sekarang, Toyota mulai menerapkan fitur ini pada mobil-mobil kelas menengah ke bawahnya.

Kali ini, kita akan mengenal lebih dalam tentang fitur Toyota Safety Sense yang ada pada Toyota Raize dan Toyota Veloz.

Daripada semakin penasaran, langsung saja kita simak informasinya berikut ini.

Mengenal Fitur Toyota Safety Sense Pada Toyota Raize dan Veloz

Fitur keselamatan merupakan salah satu fitur yang seringkali menjadi pertimbangan bagi para konsumen ketika memilih mobil untuk dibeli.

Keamanan dan keselamatan pengemudi maupun penumpang memang menjadi hal yang harus diutamakan.

Karena itu, Toyota berusaha untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan bagi para konsumen Toyota Raize dan Veloz dengan menyematkan fitur Toyota Safety Sense pada kedua mobil tersebut.

Fitur Toyota Safety Sense ini dilengkapi dengan teknologi kamera dan sensor laser dengan empat sistem kerja.

Keempat sistem kerja tersebut adalah Pre-Collision System, Lane Departure Alert, Automatic High-beam, dan Road Sign Assist.

Selain keempat sistem kerja tersebut, ada pula beberapa fitur lainnya yang termasuk ke dalam rangkaian teknologi Toyota Safety Sense ini.

Fitur Toyota Safety Sense sendiri memiliki beberapa fungsi utama, yakni sebagai berikut.

1. Membuat Mobil Berada Pada Jalurnya

Fitur Toyota Safety Sense memiliki sensor laser yang memberi peringatan pada para pengemudi jika tidak sengaja keluar dari jalurnya.

Hal ini dapat membuat mobil yang memiliki fitur Toyota Safety Sense tetap berada di jalurnya, dan pengemudi yang mengantuk pun bisa terjaga karena adanya sensor peringatan ini.

Jika pengemudi sengaja ingin berpindah jalur, maka sensor peringatan tidak akan bekerja saat pengemudi menggunakan lampu sein.

2. Mendeteksi Kendaraan dari Arah Berlawanan

Fitur Toyota Safety Sense yang ada pada Toyota Raize dan Veloz ini bisa mendeteksi adanya kendaraan dari arah yang berlawanan.

Hal ini akan berguna ketika kita berkendara dalam keadaan yang membuat pandangan kita silau dan tidak bisa melihat ke depan dengan jelas.

3. Memberikan Peringatan Dini

Adanya fitur Toyota Safety Sense memungkinkan mobil untuk memberikan peringatan dini kepada para pengemudi melalui layar panel instrumen.

Biasanya, peringatan ini juga akan disertai oleh bunyi yang ada pada sistem sehingga tidak akan terlewat oleh pengemudi.

4. Membaca Rambu Lalu Lintas

Fungsi yang satu ini memang menjadi salah satu fungsi andalan dari fitur Toyota Safety Sense.

Berkat adanya sensor laser pada fitur tersebut, maka mobil akan dapat membaca rambu lalu lintas di jalan yang dilewati dan memberi peringatan agar pengemudi tidak melanggar rambu tersebut.

Rangkaian Fitur Keselamatan Pada Toyota Safety Sense

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada beberapa fitur keselamatan yang termasuk ke dalam rangkaian fitur Toyota Safety Sense.

Pada bagian ini, kita akan mengenal lebih dalam tentang fitur apa saja yang ada di dalam rangkaian fitur Toyota Safety Sense ini.

Pre-Collision System

Fitur Toyota Safety Sense yang pertama adalah Pre-Collision System. Fitur yang termasuk dalam sistem kerja Toyota Safety Sense ini mengandalkan sensor radar dan kamera.

Fitur ini berfungsi untuk mendeteksi adanya objek di depan mobil kita.

Sistem ini juga akan memberikan peringatan kepada pengemudi untuk melakukan manuver maupun pengereman jika melihat adanya kemungkinan tabrakan.

Tetapi jika pengemudi gagal menghindar atau terlambat mengerem, fitur Pre-Collision System ini akan melakukan pengereman secara otomatis untuk menahan laju kendaraan agar tidak terjadi tabrakan.

Adaptive Cruise Control

Fitur Cruise Control memang bukan fitur yang asing bagi para pecinta mobil. Fitur Adaptive Cruise Control ini merupakan hasil pengembangan dari fitur tersebut.

Fitur yang termasuk dalam Toyota Safety Sense ini berfungsi untuk meringankan kerja pengemudi saat berkendara.

Sistem yang terdapat pada Adaptive Cruise Control ini akan menjalankan kendaraan secara otomatis tanpa mengharuskan pengemudi menginjak pedal gas maupun rem di jalan tol.

Fitur ini akan mendeteksi keberadaan kendaraan lain di depan dan menjaga jarak aman. Menariknya, fitur ini pun bisa membaca marka jalan.

Lebih hebatnya lagi, fitur ini memungkinkan mobil mengurangi kecepatan secara otomatis atau bahkan melakukan pengereman jika ada mobil yang berpindah ke depan kita secara tiba-tiba.

Lane Departure Alert dengan Steering Control

Fitur Lane Departure Alert ini mengandalkan sensor dan kamera untuk membaca marka jalan. Hal ini untuk mengantisipasi mobil keluar jalur akibat pengemudi yang mengantuk atau tidak fokus.

Fitur dari Toyota Safety Sense yang satu ini akan memberi peringatan kepada pengemudinya dan mengoreksi posisi kemudi secara otomatis agar mobil kembali pada jalurnya.

Rear Cross Traffic Alert dan Blind Spot Monitor

Blind Spot Monitor adalah salah satu fitur yang sudah cukup umum ditemukan di Indonesia. Fitur yang satu ini sangat berguna ketika kita akan berpindah jalur.

Fitur ini dapat menampilkan peringatan visual dan audio ketika mendeteksi kendaraan maupun objek lain yang mendekat dari samping dan berada di area blind spot atau titik buta.

Sementara itu, fitur Rear Cross Traffic Alert pada Toyota Safety Sense ini berfungsi untuk mendeteksi kendaraan maupun objek lainnya yang mendekat di belakang dari arah samping mobil kita.

Dengan menggunakan sensor, fitur ini akan memberi peringatan pada pengemudi yang hendak bergerak mundur agar tidak terjadi tabrakan.

Pedal Misoperation Control

Fitur yang terdapat pada Toyota Safety Sense ini bekerja dengan cara mendeteksi penerapan pedal gas maupun akselerator oleh para pengemudinya.

Hal ini berguna untuk mengantisipasi ketika pengemudi tidak sengaja menginjak pedal gas terlalu dalam.

Sistem yang ada pada fitur ini akan menyalakan alarm peringatan dan membatasi distribusi tenaga sehingga laju mobil bisa tertahan.


  • 0
  • Share
Yunita EfendiTidak ada Biodata penulis
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!