Kawasaki Gandeng Yamaha Kembangkan Mesin Berbahan Bakar Hidrogen

Otoloka.id- Kendaraan ramah lingkungan memang sedang gencar dikembangkan oleh pabrikan otomotif. Tapi bagi pabrikan sepeda motor, nampaknya hal itu masih belum menjadi target dalam waktu dekat ini. Akhirnya, pabrikan sepeda motor skala kecil atau startup yang mengambil start terlebih dahulu melalu lini produk sepeda motor ramah lingkungan.

Walau begitu, beberapa pabrikan sepeda motor kelas wahid, tak tinggal diam soal kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Ducati misalnya, yang menggelontorkan biaya banyak untuk pengembangan bahan bakar alternatif, yang disebut juga sebagai bio-fuel.

Sejalan dengan DucatiKawasaki juga santer sedang mengembangkan sepeda motor dengan powertrain yang lebih ramah lingkungan, yaitu melalui sepeda motor listrik bertenaga baterai Kawasaki Endeavour. Disamping sedang mengembangkan motor listrik, ternyata Kawasaki belum lama ini juga merangkul Yamaha dalam pengembangan powertrain bertenaga hidrogen.

Hidrogen merupakan salah satu bahan bakar alternatif, yang dapat dipakai untuk kendaraan masa depan, dan Kawasaki telah memiliki teknologi yang mengubah gas tersebut untuk asupan mesin pembakaran internal.

Baca juga: Vespa Elettrica RED Lawan Pandemi, Skuter Listrik Lebih Menarik dengan Warna Merah

Wajar sih, Kawasaki melihat hidrogen dapat dikembangkan menjadi bahan bakar alternatif, pasalnya perusahaan tersebut sudah memproduksi mesin bertenaga hidogen untuk kendaraan berat seperti kapal terbang dan kapal laut miliknya. Bahkan mereka juga membuat generator turbin bertenaga hidrogen.

Penerapan hidrogen sebagai bahan bakar mesin internal memang familiar, karena pabrikan Jepang lain yaitu Toyota juga mengembangkan hal yang sama. Yaris dan Corolla spek balap merupakan model yang menjadi bahan untuk uji coba Toyota.

Yamaha yang juga memiliki visi menjadi pabrikan sepeda motor yang lebih ramah lingkungan, akhirnya sepakat dengan kerja sama tersebut. Pabrikan berlogo garpu tala itu memang memiliki target 100 persen netral karbon di tahun 2050 mendatang.

Seperti yang dikutip dari rideapart.com, di lain hal ternyata pabrikan sepeda motor lain seperti Suzuki dan Honda ternyata juga sudah menyusun rencana soal kendaraan ramah lingkungan. Kedua pabrikan tersebut diam-diam sedang mengeksplorasi bahan bakar alternatif disamping mengembangkan kendaraan elektrik. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!