• Home>
  • Berita>
  • Kendaraan Listrik Tanpa Awak Pertama Hadir di Indonesia, Beroperasi di BSD City
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Kendaraan Listrik Tanpa Awak Pertama Hadir di Indonesia, Beroperasi di BSD City

Ismet
2022-05-23 12:02:00

Otoloka.id- Sinar Mas Land transformasi BSD City sebagai integrated smart digital city bekerja sama dengan Mitsubishi Corporation untuk mengembangkan kendaraan listrik. Kolaborasi ini menghadirkan inovasi pengoperasian autonomous electric vehicles (AV) atau kendaraan listrik tanpa awak.

Kendaraan listrik tanpa awak ini berasal dari Prancis dengan merek dagang Navya varian Arma akan beroperasi di dua titik lokasi yakni Q Big BSD City dan Kawasan BSD Green Office Park. Peresmian uji coba kendaraan listrik otonom tersebut dilakukan oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, di Q Big BSD, 20 Mei 2022.

Budi mengucapkan terima kasih kepada Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation yang sudah membuat proyek ini untuk menjadi inovasi yang baik untuk Indonesia. Kehadiran autonomous electric vehicle menjawab solusi akan kendaraan tanpa emisi karbon, mengurangi kemacetan, dan tepat waktu.

"Semoga teknologi inipun bisa kita tunjukan saat G20 Summit sehingga mata dunia tahu bahwa Indonesia punya visi masa depan dan membuat terobosan. Kami terus mendukung BSD City untuk menjadi labolatorium inovasi, dapat dicontoh oleh tempat-tempat lain dan menghadirkan paradigma baru sesuai visi Presiden,” kata Budi dalam keterangan resminya.

Pada kesempatan yang sama Group CEO Sinar Mas Land, Michael Widjaja mengatakan perihal kendaraan listrik tanpa awak ini, “Untuk menjadi kota pintar yang terdepan, kami menyiapkan BSD City untuk tanggap terhadap beragam alternatif solusi kehidupan masyarakat di masa depan. Ini membuat Research and Development menjadi salah satu agenda penting dalam transformasi BSD City sebagai integrated smart digital city. Keberadaan BSD City sebagai testbed untuk kendaraan listrik tanpa awak juga mewujudnyatakan kesiapan kota mandiri ini untuk futuristic and green mobility.”

Spesifikasi Navya Autonom

Navya Autonom® Shuttle memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. Kendaraan listrik itu berdimensi 4,7 m x 2,1 m dengan kapasitas penumpang 15 orang, dengan pembagian 11 orang duduk dan 4 berdiri.

Autonom® Shuttle dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GNSS (Global Navigation Satellite Systems), dan sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis. Yang kemudian, akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi yang tertanam di dalam mobil.

Transportasi listrik otonom ini dapat mendeteksi, melacak dan mengklasifikasi halangan di sekitar secara real time/waktu sebenarnya untuk menentukan lintasan dan profil kecepatan yang optimal, termasuk kemampuan akselerasi, kemudi, dan pengereman secara otomatis.

Masyarakat Bisa Ikut Mencoba

Masyarakat umum dapat turut mencoba kendaraan listrik tanpa awak ini dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan mengisi survei sebelum dan sesudah menikmati pengalaman berkendara, melalui aplikasi OneSmile.

Kemudahan akses transportasi dan mobilitas di BSD City akan menjadi kelebihan yang ditawarkan oleh Sinar Mas Land kepada warga dan masyarakat luas. Kesediaan BSD City sebagai pusat riset teknologi digital dan inovasi transportasi juga telah diakui oleh sejumlah perusahaan teknologi multinasional seperti Apple Inc. melalui Apple Developer Academy, Amazon Web Services hingga Grab dalam uji coba GrabWheels.

Ikuti media sosial kita:
  • Dilihat 1911
  • Suka 0
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

    Komentar

    Kirimkan

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      OTOLOKA Toolkit

      Simulasi KreditSimulasi Asuransi
      *Tipe mobil
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan(Tahun)
      Silahkan pilih masa cicilan
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Hitung
      Reset