Ketegangan di Ukraina Bisa Jadi Masalah Bagi Industri Otomotif Global

Otoloka.id- Belum kelar masalah kelangkaan chip semikonduktor yang membuat produsen otomotif kelimpungan. Ketegangan yang terjadi antara Ukraina dengan Rusia baru-baru ini, bisa memperparah kondisi rantai pasokan dan ketersediaan komponen di Industri otomotif global.

Russia dan Ukraina memang sudah bersitegang sejak lama, ada beberapa alasan kedua negara pecahan Uni Soviet ini bersitegang, mulai dari wilayah yang diakuisisi, kesepakatan dagang, sampai keinginan Ukraina yang seakan dihalangi oleh Rusia untuk bergabung dalam North Atlantic Treaty Organization (NATO).

Dalam industri otomotif, Rusia memang menjadi negara yang memiliki sumber daya melimpah. Mereka menyediakan sumber daya untuk bahan baku komponen kendaraan, seperti nikel untuk bahan baku baterai, dan paladium yang digunakan untuk catalytic converter knalpot kendaraan.

Rusia juga menjadi negara dengan basis produksi beberapa produsen otomotif, seperti Toyota dan Volkswagen. Negara tersebut bisa saja menghentikan jalur kerja sama dengan menyetop pasokan nikel dan paladium, atau berhenti mengimpor suku cadang dari negara lain untuk produksi.

“Pembuat mobil harus mencari pasokan alternatif atau mereka tidak akan mampu membangun kendaraan dengan mesin pembakaran internal,” kata Sam Abuelsamid, selaku Analis Otomotif dari perusahaan riset Guidehouse Insights yang dikutip dari nbcnews.com.

Sisi baiknya, ada beberapa negara yang wilayahnya juga kaya akan sumber daya yang digunakan sebagai bahan baku kendaraan. Contohnya seperti Afrika Selatan dan Zimbabwe yang punya tambang paladium dengan jumlah besar.

Sementara untuk nikel, pasar global bisa mendapatkannya dari Indonesia dan Filipina, disamping Rusia. Memang, ketiga negara tersebut merupakan penghasil nikel terbesar di dunia. Dengan berubahnya trend kendaraan menjadi elektrifikasi, logam tersebut mendapat lonjakan permintaan.

Di sisi lain, Rusia yang juga memiliki beberapa produsen otomotif dalam negeri, akan kesulitan untuk mendapatkan komponen kendaraan, menyusul ketegangan antara Ukraina juga membuat Rusia bersitegang dengan Amerika Serikat yang notabene pemain besar di industri otomotif dunia.

Dengan adanya ketegangan yang terjadi antara Rusia dengan Ukraina, secara tidak langsung akan menghambat proses pembuatan kendaraan. dan itu nantinya akan berpengaruh pada konsumen juga. Entah konsumen akan menunggu dalam waktu lebih lama, atau harga kendaraan yang dipatok menjadi lebih mahal. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!