Kia Carens Sudah Bisa Dipesan di Jakarta Auto Week 2022, Berapa Harganya?

Otoloka.id- PT Kreta Indo Artha sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Kia akhirnya meluncurkan Kia Carens di ajang Jakarta Auto Week (JAW) 2022.

"Kia Carens hadir di Indonesia untuk dijadikan tolak ukur terbaru sebuah MPV tujuh penumpang modern dengan tampilan yang sporty, ruang kabin yang lapang serta berbagai fitur berteknologi tinggi,” ujar Andrew Nasuri, Presiden Direktur PT Kreta Indo Artha.

Dari pantauan tim Otoloka.id, mobil baru Kia ini pun cukup sukses menyita perhatian pengunjung JAW sejak hari pertama, 12 Maret 2022. Banyak yang penasaran dengan mobil yang akan bersaing di segmen LMPV ini.

Seperti diketahui, segmen LMPV di Tanah Air kini dikuasai pabrikan Jepang seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, hingga Mitsubishi Xpander. Sedangkan Carens, mobil ini merupakan produksi brand Korea Selatan yang kian hari mulai memperbanyak line-up di Tanah Air.

Ario Soerjo, Marketing Development Division Head KIA Indonesia juga mengatakan, saat ini Carens baru sampai tahap pengenalan. Meski begitu, animo pengunjung Jakarta Auto Week 2022 terhadap Carens sangat tinggi.

Ario juga mengungkapkan bahwa Kia bakal menawarkan Carens di Indonesia bukan untuk bersaing di kelas paling gemuk, LMPV. Melainkan untuk kelas diatasnya dan harganya pun diprediksi bakal berada lebih tinggi di segmen LMPV.

Meski mengusung mesin 1.500cc, nampaknya Kia Carens akan dijual untuk diposisikan berada diatas harga jual segmen LMPV 1.500cc seperti Avanza, Veloz dan lainnya. Bukan mustahil harga jual Carens bakal bersinggungan di kelas Medium MPV sekelas Toyota Innova dan Wuling Cortez.

Itu berarti, Kia Carens diprediksi bakal dijual di rentang harga Rp 300 hingga Rp 400 jutaan.Tak beda jauh dengan SUV Kia Seltos yang dijual di kisaran Rp 310 hingga 415 juta OTR DKI Jakarta.

Kia menawarkan Carens di Indonesia dengan dua pilihan mesin yaitu Smarstream 1.4 T–GDI berbahan bakar bensin, serta 1.5 CRDi VGT berbahan bakar diesel.

Untuk spesifikasi mesin Smartstream mesin 1.4 liter turbocharger diklaim mampu menghasilkan tenaga 140 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 242 Nm mulai 1.500 rpm hingga 3.200 rpm. Untuk berakselarasi, mesin ini disempurnakan dengan transmisi DCT dengan 7 percepatan yang mendistribusikan daya ke roda depan.

Sedangkan untuk mesin CRDi, mesin diesel 1.5 liternya juga dilengkapi turbocharger yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 115 PS pada 4.000 rpm dan torsi puncak 250 Nm pada 1.500 – 2.750 rpm. Mesin ini disokong transmisi otomatis 6 percepatan yang mendistribusikan daya ke roda depan.

Meski pihak Kia belum merilis harga resminya, calon konsumen yang berani nekat meminang bisa melakukan proses inden langsung melalui sales Kia selama acara JAW 2022 berlangsung.


  • 0
  • Share
IsmetIsmet bekerja sebagai jurnalis sejak tahun 2012 dan dimulai di Tabloid Motorplus (Kompas Gramedia). Senang dengan dunia otomotif roda dua dan sempat bekerja di beberapa media otomotif lainnya, menjadikan Ismet menggemari juga dunia otomotif roda empat, hingga akhirnya sekarang bergabung di Otoloka.id dan dinamika dunia otomotif selalu menjadi hal yang menarik baginya.
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!