Kia Menghadirkan Stasiun Pengisian Daya Energi Terbarukan

Otoloka.id- Kia Menjadi salah satu produsen otomotif asal Korea Selatan yang mulai beralih ke elektrifikasi. Perusahaan tersebut lebih jauh telah mengurangi dampak kerusakan lingkungan melalui stasiun pengisian daya dengan energi hijau.

Untuk membangun stasiun pengisian daya tersebut, Kia bekerja sama dengan perusahaan energi asal Jerman, Digital Charging Solution. Sebelumnya, Kia juga sempat melakukan kerja sama dalam hal pengisian daya dengan perusahaan bernama Ionity.

Nantinya, Kia akan membuat 300 ribu titik pengisian daya milik mereka di benua Eropa untuk diubah dengan energi yang berasal dari tenaga angin. Untuk menghadirkan itu, Kia akan membeli enegi dalam jumlah megawatt-hours (mWh) dengan sertifikat Guarantee of Origin (GO).

“Dengan bekerja dengan sertifikat GO, kami menjamin bahwa 100% energi yang dikonsumsi selama setiap proses pengisian diumpankan kembali ke jaringan listrik sebagai listrik dari turbin angin Eropa,” kata CEO Digital Charging Solutions Jörg Reimann, seperti dikutip dari autocar.co.uk.

Ia menambahkan, bahwa “Itu membuat permintaan listrik ramah lingkungan terlihat di pasar dan membantu membuka jalan bagi masa depan yang lebih berkelanjutan.”

Dengan adanya stasiun berenergi hijau, Kia berharap pembelian energi hijaunya akan memungkinkan pelanggan untuk mengisi daya mobil listrik dengan energi terbarukan secara penuh. Hal itu juga sejalan dengan strategi Plan S-nya, di mana pabrikan tersebut akan membuat rentang modelnya sepenuhnya listrik pada tahun 2035.

“Dengan mendorong lebih banyak energi hijau ke dalam jaringan, kita dapat meningkatkan bauran energi yang mendukung sumber yang lebih berkelanjutan,” kata presiden Kia Eropa Jason Jeong.

Ia juga menambahkan, “Pada waktunya, kami berharap dapat menjadi bagian dari jaringan yang lebih luas yang dapat bekerja secara langsung dengan pemasok energi terbarukan yang menawarkan fasilitas 100% ramah lingkungan kepada pelanggan. Namun, sampai benar-benar tidak ada energi abu-abu di grid, tindakan terbaru ini adalah langkah tegas ke arah yang benar."

Saat ini, Kia mengatakan telah memasok sekitar 264 mWh pengisian daya ke pelanggan yang berada di wilayah Inggris melalui layanan Kia Charge, yang diluncurkan pada Februari tahun lalu. Dan layanan itu terdapat pada 20.500 titik pengisian daya, yang artinya berjumlah 69 persen dari titik pengisian yang ada. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!