Jajaran Kendaraan Euro 4 Toyota di Indonesia

Otoloka.id- PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan enam kendaraan (mobil) mesin diesel standar emisi Euro 4 di Indonesia, yakni Toyota Fortuner, Toyota Kijang Innova, Toyota Land Cruiser, Toyota Hilux, Toyota HiACE dan truk Toyota Dyna. 

“Dengan mulai berlakunya peraturan dari pemerintah dan bentuk implementasi standar emisi Euro 4, emisi yang dihasilkan oleh semua model kendaraan Toyota sudah sesuai dengan standar aturan lingkungan hidup yang diterapkan oleh Pemerintah Indonesia," kata Marketing Director Toyota Astra Motor Anton Jimmy Suwandy dalam sesi dikusi bersama media secara virtual, belum lama ini.

Sebagai informasi, pemerintah menerbitkan Surat Keputusan Menteri LHK No. S786/MENLHK-PPKL/ SET/PKL.3/5/2020, di mana per April 2022 semua kendaraan berbahan bakar diesel yang diproduksi dan beredar di Indonesia diwajibkan memenuhi standar emisi Euro 4.

Standar emisi Euro adalah standar yang digunakan oleh negara-negara Eropa untuk kualitas udara di sana. Semakin tinggi standar Euro yang ditetapkan, maka semakin kecil batas kandungan gas karbondioksida (CO2), nitrogen oksida (NOx), karbon monoksida (CO), volatil hidrokarbon, dan partikel-partikel lain yang berdampak negatif pada manusia dan lingkungan.

Untuk Euro 4, kandungan nitrogen oksida pada kendaraan berbahan bakar bensin tidak boleh lebih dari 80 miligram per kilometer. Sedangkan untuk kendaraan diesel batas nitrogen oksida adalah 250 miligram per kilometer dan 25 miligram per kilometer untuk diesel particulate matter.

“Dengan diimplementasikannya standar emisi Euro 4, emisi yang dihasilkan oleh semua model kendaraan Toyota sudah sesuai dengan standar aturan lingkungan hidup yang diterapkan oleh Pemerintah Indonesia,” kata Anton Jimmi .

Mulai April 2022, 6 model kendaraan Toyota yang dipasarkan di Indonesia yang menggunakan bahan bakar diesel semuanya sudah memenuhi standar emisi Euro 4. Enam model Toyota yang telah disebut di paragraf pertama adalah 3 model mobil penumpang yaitu Toyota Fortuner, Toyota Kijang Innova, dan Toyota Land Cruiser, sedangkan 3 model lainnya adalah kendaraan komersial yaitu Toyota Hilux, Toyota Hiace dan Toyota Dyna. <IDR>

  • 0
  • Share
IsmetIsmet bekerja sebagai jurnalis sejak tahun 2012 dan dimulai di Tabloid Motorplus (Kompas Gramedia). Senang dengan dunia otomotif roda dua dan sempat bekerja di beberapa media otomotif lainnya, menjadikan Ismet menggemari juga dunia otomotif roda empat, hingga akhirnya sekarang bergabung di Otoloka.id dan dinamika dunia otomotif selalu menjadi hal yang menarik baginya.
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!