KTB Pastikan Layanan Purnajual Fuso Siap dengan Euro 4

Otoloka.id – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) meyakinkan para calon dan konsumen mereka agar tidak perlu cemas dengan layanan purnajual Mitsubishi Fuso Canter dan Mitsubishi Fuso Fighter X.

Seperti diberitakan sebelumnya, 24 Maret 2022, distributor resmi kendaraan-kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia tersebut meluncurkan 15 varian Fuso Canter dan 14 varian Fuso Fighter X yang sudah memenuhi regulasi Euro 4. Fuso Canter menggantikan Colt Diesel yang telah menjadi penguasa di segmen truk ringan selama puluhan tahun. Fuso Fighter X sendiri meneruskan Fuso Fighter.

“Mitsubishi Fuso memiliki 217 jaringan dealer di Indonesia dan mereka sudah siap dengan penerapan Euro 4. Kami telah lengkapi mereka dengan special tools untuk kendaraan-kendaraan Euro 4 Mitsubishi Fuso,” ujar Aji Jaya, Vice President of Sales & Marketing KTB.

“Terakit perawatan, karena sebagian besar komponen kendaraan Euro 4 dibawa dari komponen-komponen model sebelumnya (Euro 2), maka konsumen yang menggunakan kendaraan Euro 4 tidak perlu khawatir dengan ketersediaan onderdil. Sekitar 80 persen komponen kendaraan Euro 4 dari Euro 2,” imbuhnya.

Mitsubishi Fuso akan mempertahankan layanan Free Service, menambah fasilitas Parts Depo untuk menjamin ketersediaan pasokan suku cadang, serta meningkatkan fungsi Mobile Workshop Service yang dilengkapi dengan peralatan berteknologi tinggi untuk memeriksa kinerja mesin Euro 4. Mereka pun berkomitmen akan menyediakan mekanik-mekanik profesional kendaraan-kendaraan di on-site atau di lokasi operasional konsumen.

Aji pun menyarankan para pengguna Fuso Canter dan Fuso Fighter agar mengisi bahan bakar diesel dengan kandungan sulfur di bawah 50 part per million (PPM). Tujuannya untuk memaksimalkan performa kendaraan.

Mesin Fuso Canter 4V21 dan mesin 6M60 Fuso Fighter X dengan teknologi Common Rail diklaim oleh KTB menghasilkan tenaga mesin maksimal, torsi lebih tinggi pada jangkauan RPM lebih panjang sehingga performanya lebih optimal. Mesin Fuso Canter lebih bertenaga, menawarkan para pelanggan pilihan 108 PS – 150 PS, serta revisi Final Gear Ratio dari model Euro 2.

Setiap kendaraan dibekali dengan teknologi Exhaust Gas Recirculation (EGR), Positive Crankcase Ventilation, dan Diesel Oxidation Catalyst Muffler. Semuanya itu berguna menurunkan kadar emisi NOx (Nitrogen Oxide) sehingga emisi gas buang kendaraan lebih ramah lingkungan.

Seluruh varian Fuso Fighter X mengaplikasi full air brake system dan fitur baru anti-lock braking system (ABS).

Test Drive Fuso Canter

Pada Jumat lalu (25/3), KTB memberi ratusan jurnalis termasuk Otoloka dan para pelanggan kesempatan mengendarai Fuso Canter dan Fuso Fighter X di kawasan parkir ICE BSD City, kabupaten Tangerang.

Kami mengendarai Fuso Canter. Dibekali dengan power steering membuat siapa saja yang mengendarainya nyaman – tidak perlu mengerahkan banyak tenaga untuk memutarnya. Ini kami rasakan ketika ber-zig-zag. Sementara itu pengaturan kemiringan roda kemudi (tilt steering) semakin menyamankan sang sopir.

Saat melibas sand bags, suspensi Fuso Canter keras. Tubuh kami sempat melompat, maklum saja truk.

Sebagai informasi tambahan, terdapat 3 varian baru Fuso Canter yakni FE 74 HDS untuk kebutuhan heavy duty dan mengutamakan kecepatan, FE 84 SHDX dengan volume kargo lebih besar, dan FE 84 GS untuk segmen logistik yang membutuhkan tenaga lebih besar. Varian FE 84 GS memiliki kabin dan dimensi lebih besar. <Indra Prabowo>

  • 0
  • Share
Indra PrabowoTidak ada Biodata penulis
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!