Lightyear One, Mobil Listrik Bertenaga Matahari

Otoloka.id- Ketika tenaga matahari diserap, lalu dimasukkan ke dalam baterai dan dijadikan sumber tenaga untuk mengerakkan mobil, maka terjadilah Lightyear One, mobil listrik yang bertenaga matahari karena menggunakan Solar Panel.

Mobil listrik tersebut digagas oleh perusahaan startup asal Belanda, yaitu Lightyear Company yang bermarkas di Helmond. Kalau tidak meleset, Lightyear One dijadwalkan akan mulai diproduksi pada tahun 2022 mendatang.

Lightyear One merupakan mobil listrik yang mengadopsi bodi sedan fastback berukuran penuh. Mobil tersebut punya dimensi panjang sekitar 4,8 meter, dengan penampang solar panel sebesar 5 meter persegi yang tersebar di area horizontal pada mobil, seperti kap depan dan belakang, serta di bagian atap.

Seperti yang dikutip dari motortrend.com, dengan besarnya dimensi dan luasnya penampang solar panel sedan tersebut, Lightyear One hanya memiliki berat total 1,3 ton saja. Hal itu berkat ringannya material yang dikandung, seperti penyematan aluminium dan serat karbon.

Baca juga: Mitsubishi Rilis Teaser Kei Car Terbaru yang Hadir Tahun Depan

Jika Lightyear One terkena sinar matahari langsung, mobil tersebut mampu menjelajah sejauh 11 kilometer dalam satu jam terpapar sinar matahari. Apabila baterainya terisi sampai penuh, mobil tersebut dalam pengujian internal mampu menjelajah sejauh 724 kilometer. Gokil!

Besarnya daya listrik yang dihasilkan berkat penyematan sel fotovoltaik kontak balik interdigitated SunPower baru, yang dipasang ke pelat belakang konduktif Solar Endurans. Hal ini memaksimalkan area fotovoltaik, meminimalkan kehilangan daya sel-ke-modul, dan menghasilkan peningkatan output daya sebesar 3 persen.

Tak perlu takut mobil tak bisa jalan ketika tak ada matahari, atau lagi mendung. Pasalnya Lightyear One juga bisa mengisi daya baterai berkapasitas 60 kWh di dalamnya, melalu pengisi daya listrik rumah.

Baca juga: Hyundai Staria Menyabet Bintang Lima Penilaian Keamanan ANCAP

Untuk menjelajah, sedan Lightyear One dibekali dengan motor listrik sebanyak empat buah. Jika pedal gas ditekan secara dalam, maka mobil listrik tersebut menghasilkan tenaga puncak 136 daya kuda, dengan torsi mencapai 1.199 Nm.

Untuk diproduksi secara massal, perusahaan Lightyear bekerja sama dengan perusahaan Finlandia Valmet Automotive. Proses produksi mobil tersebut akan mulai dilakukan pada pertengahan tahun 2022, dan akan dilego dengan kisaran harga awal Rp 2,5 miliar.

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!