Makin Canggih, Pengisian Daya Kendaraan Listrik Nirkabel sedang Diuji Coba

Otoloka.id- Semakin lama, dunia teknologi semakin canggih, di mana nanti mengisi daya kendaraan listrik bisa tanpa kabel. Saat ini memang beberapa produsen otomotif masih menggunakan kabel sebagai alat pengisi kendaraan listriknya. Namun, sebuah perusahaan yang berbasis di Inggris telah memulai uji coba sistem pengisian daya mobil listrik tanpa kabel.

Seperti yang dikutip dari autocar.com, uji coba tersebut akan dilakukan selama satu tahun dengan menggunakan bantalan induksi. Sebagai bahan uji cobanya, perusahaan tersebut menggunakan sepuluh unit Renault Zoe yang telah dimodifikasi bagian paket baterainya.

Perusahaan yang memberi merek Char.gy tersebut mengembangkan teknologi pengisian daya kendaraan listrik nirkabel dengan tujuan untuk memberikan akses yang lebih baik bagi pemilik kendaraan yang tak punya akses parkir atau bisa dibilang tak punya garasi.

“Solusi pengisian baru ini akan berarti bahwa dalam waktu dekat, mereka yang tidak memiliki akses ke pengisian pribadi melalui garasi, jalan masuk atau opsi parkir di luar jalan lainnya akan dapat mengisi daya kendaraan mereka secara efisien dan bebas kabel,” kata perusahaan itu.

Baca juga: Tesla menjadi Mobil Listrik Paling Laris di Norwegia

Dalam prakteknya, pengisian daya secara nirkabel tersebut nantinya akan dibenamkan di dalam tanah, dan akan menyatu dengan aspal. Tentunya, hal tersebut akan beresiko membahayakan pengguna jalan. Apalagi pada titik pengisian daya tersebut, tidak ada penandanya.

Namun perusahaan itu mengatakan, bahwa teknologi tersebut telah diuji secara ekstensif di Millbrook Proving Ground, dan bantalannya telah dikembangkan oleh University of Warwick dan spesialis daya nirkabel IPT Technology.

Selain untuk uji coba, perusahaan Char.gy juga sudah menyewakan sepuluh unit Renault Zoe yang sudah dimodifikasi tersebut ke masyarakat. Biaya sewanya 1 Poundsterling untuk satu jam, dan 5 Poundsterling untuk satu hari.

Baca juga: Induk Wuling Motors Berencana Pusatkan Produksi Mobil Listrik di Indonesia

Uji coba pertama pengisian daya kendaraan listrik nirkabel ini dilakukan di Marlow, Buckinghamshire. Teknologi tersebut sudah diterapkan di tempat parkir khusus, di area parkir Liston Road. Nantinya tempat pengisian nirkabel lain akan menyusul namun masih di daerah Buckinghamshire juga.

Mengetahui penerapan teknologi tersebut, Universitas Terbuka yang berada di daerah Milton Keynes, akan mengumpulkan penelitian berdasarkan umpan balik pengemudi tentang proyek tersebut, dengan mengukur keberhasilannya.

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!