Marzocchi Beberkan Rencana Pengembangan Sistem Suspensi Aktif

Otoloka.id- Bagi sebagian orang, nama Marzocchi merupaka pembuat suspensi premium untuk sepeda dan sepeda motor. Perusahaan asal Italia tersebut, kembali menembus batasan mereka dengan mengembangkan sistem suspensi aktif untuk sepeda motor.

Tentu saja, suspensi aktif, semi-aktif, dan pasif memiliki perbedaan. Karena pada suspensi pasif, untuk membuang energi hanya mengandalkan pegas dan peredam saja. Sementara untuk suspensi semi-aktif, pengaturannya dikontrol melalui sistem untuk mengatur kekencangan suspensi.

Seperti yang dikutip dari rideapart.com, sistem suspensi aktif sudah menjadi bagian dari teknologi terbaru pada mobil. Salah satu mobil yang menggunakan teknologi tersebut adalah Audi A8. Namun, saat ini belum ada yang membuat teknologi tersebut diimplementasikan pada sepeda motor, dan Marzocchi yang pertama punya inisiatif.

Namun, secara garis besar memang kinerjanya sama dengan yang digunakan mobil dan Formula 1, yaitu bekerja dengan adaptasi melalui penginderaan permukaan jalan, lalu menyesuaikan peredaman.

Baca juga: Moto Guzzi Fast Endurance Trophy siap Digelar Tahun Depan

CEO Marzocchi Florenzo Vanzetto bilang, bahwa “Kami dalam proyek ini menyebutnya garpu prediktif. Itu sudah ada di dunia mobil, yang kami inginkan adalah memiliki garpu prediksi yang mampu membaca dan mengantisipasi program jalan.”

Tak hanya untuk sekadar memberikan kenyamanan saja, Marzocchi juga akan menggunakan teknologi mutakhir tersebut untuk meningkatkan keselamatan berkendara juga.

“Dalam kedua kasus, tetapi yang terpenting dalam hal keamanan. Garpu prediktif adalah taruhan, tidak semua orang percaya. Bahkan tidak semua orang percaya pada semi-aktif, tetapi kami yakin bahwa kami bergerak menuju sektor ini,” tambah Vanzetto.

Karena dalam pengembangan suspensi aktif membutuhkan biaya yang besar, apalagi untuk sepeda motor. Sudah bisa dipastikan, nantinya sistem suspensi aktif akan tersedia pada model kelas atas terlebih dahulu.

Baca juga: Moto Guzzi V7 Stone: Motor Legendaris yang Lebih Bertenaga

“Jelas hari ini kita berbicara tentang kisaran tertinggi. Peluangnya ada, tetapi sampai saat ini biayanya belum memungkinkan kita untuk mendekati segmen yang lebih rendah,” lanjut Vanzetto.

Mengenai sistem suspensi aktif tersebut, Marzocchi berencana untuk perkenalkan generasi pertama dari teknologi terbarunya pada tahun depan. Namun Vanzetto punya rencana untuk memajukan perilisan suspensi aktifnya pada awal tahun depan. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!