Maserati MC20 Cielo, Mobil Spyder Beratap Canggih!

Otoloka.id- Untuk melengkapi jajaran mobil super sport Maserati, perusahaan asal Italia tersebut menghadirkan Maserati MC20 Cielo pada 25 Mei 2022. Cielo yang berarti langit, merujuk pada atap convertible model tersebut. Karena hanya berkapasitas 2-penumpang saja, maka disebut sebagai roadster atau spyder oleh Maserati.

Atap Maserati MC20 Cielo dapat dibuka-tutup dengan waktu sesingkat 12 detik saja. Menggunakan bahan Polymer-Dispersed Liquid Crystal (PDLC) yang dapat berubah dari bening, menjadi buram dalam satu sentuhan tombol saja di konsol tengah, sehingga bisa mengakomodir privasi penumpang di dalamnya.

Setiap teknologi yang tersemat di spyder tersebut, dilakukan di laboratorium inovasi Maserati dan diproduksi langsung di pabrik bersejarah perusahaan di Viale Ciro Menotti, Modena, Italia. Dengan begitu, model tersebut dibuat berbarengan dengan saudaranya, yaitu Maserati MC20.

Selain dibuat dalam satu jalur produksi, model tersebut juga menggunakan dapur pacu Maserati MC20, yaitu mesin V6 Nettuno 3.0 liter yang menghasilkan tenaga sebesar 630 hp, dan torsi 730 Nm. Perihal kemampuan berakselerasi dari 0-100 km/jam, dapat ditempuh 2.9 detik saja, dengan kecepatan maksimum 325 km/jam. Edan!

Spyder tersebut punya bobot lebih berat 65 kg ketimbang versi coupe. Namun, keluaran tenaganya sama. Penyelarasan bobot kendaraan merupakan kunci, di mana MC20 konfigurasi mid-rear engine dirasa tepat untuk pendistribusian bobot lebih merata. Penyematan sasis serat karbon yang ringan namun kuat, juga membuat performanya makin mumpuni.


Untuk dapat melaju dengan kecepatan tinggi, dan dipastikan setiap komponen bekerja maksimal, Maserati MC20 Cielo diuji coba di terowongan angin dengan arah 360 derajat, dengan kondisi atap terbuka maupun tertutup.

Fungsionalitas di tiap komponen juga dipertimbangkan secara matang. Pintu model bukaan kupu-kupu atau butterfly doors selain membuat tampilan mobil lebih eksotis, nyatanya berfungsi untuk memudahkan pengguna memasuki area kabin, sekaligus mengekspos interior mewah model tersebut.

Bicara soal interior, mobil sypder tersebut dibekali dengan material mewah berkualitas, seperti trim berbahan kulit Alcantara yang dikombinasikan dengan panel-panel serat karbon. Head-unit 10,25 inci tak hanya menampilkan sistem navigasi saja, tetapi juga hiburan yang berpadu dengan sistem audio besutan Sonus faber.

Menunjang pengalaman berkendara, Maserati MC20 Cielo juga dibekali dengan sistem keselamatan aktif berupa Automatic Emergency Braking, dan SurrondView Camera. Sementara Traffic Sign Information dan Cruise Control juga berfungsi memberikan kenyamanan pengemudi.


Maserati MC20 Cielo merupakan perpaduan antara warisan masa lalu dengan inovasi masa depan. Nantinya model super sport tersebut akan tersedia juga dalam versi listriknya.


  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!