Mazda CX-50, Crossover baru Khusus Pasar Amerika

Otoloka.id- Merujuk dari visi ke depan Mazda yang fokus mengembangkan jajaran produk SUV, pabrikan mobil mewah tersebut pelan-pelan sudah mulai merealisasikannya. Salah satunya adalah dengan mengeluarkan model SUV terbaru, yaitu Mazda CX-50.

Mazda CX-50 akan mulai diproduksi pada tahun depan, di pabrik Huntsville, Alabama, yang berbagi dengan pabrikan Toyota. Mobil tersebut memang penjualannya terbatas, hanya untuk pasar Amerika Serikat saja.

Secara jenis, Mazda CX-50 merupakan crossover kompak model terbaru, yang posisinya berada di antara CX-30 dan CX-5. Untuk basis platformnya, mengambil dari Mazda CX-3 namun dibuat lebih tangguh.

Contohnya seperti penyematan sistem penggerak semua roda atau All Wheel Drive, yang mampu menjelajah medan berat dengan lebih percaya diri. Mazda CX-50 juga sudah dibekali dengan mode berkendara Mi-Drive, yang dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan.

Baca juga: Ketika Produksi Kulit untuk Mobil Dibuat Lebih Ramah Lingkungan


Seperti yang dikutip dari autocar.co.uk, nantinya mobil tersebut akan menyediakan dua pilihan mesin, yang pertama mesin 2.5 liter berteknologi Skyactiv-G Naturally Aspirated, dan pilihan kedua adalah mesin yang sama ditambah dengan turbocharged.

Pada dua pilihan mesin tersebut, Mazda hanya menyediakan satu pilihan sistem transmisi saja, yaitu otomatis enam percepatan.

Mengenai powertrain lain seperti elektrik dan hybrid, kemungkinan besar akan menyusul. Pasalnya, memang model Mazda yang lain akan dibenamkan teknologi plug-in hybrid, seperti CX-60 dan CX-80 yang akan dipasarkan di Eropa.

Nantinya, Mazda CX-50 akan bergabung dengan model lain di Amerika, seperti yang sudah hadir terlebih dahulu, yaitu model SUV bongsor CX-70 dan CX-90 yang menggunakan mesin enam silinder segaris.

Baca juga: Mobil Listrik GSEV dari Wuling Tebar Pesona di GIIAS 2021, Meluncur Tahun Depan


Menyoal desain, Mazda CX-50 memang erat banget dengan tampilan model lain, seperti CX-3, CX-30 yang sama-sama mengadopsi desain Kodo. Desain tersebut punya ciri khas berupa lampu depan menyipit dengan grill yang besar.

Selain tampilan, bagian interiornya pun mengadopsi dari Mazda 3 series yang diklaim memiliki perubahan yang lebih fokus pada peralatan outdoor modern. Memang model ini lebih dikhususkan untuk menjadi mobil yang lebih serius bertualang. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!