• Home>
  • Berita>
  • Mazda CX-60 Bersiap Torehkan Sejarah Baru
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Mazda CX-60 Bersiap Torehkan Sejarah Baru

Indra Prabowo
2022-04-21 12:17:58

OTOLIKA.ID – Mazda Motor Corporation menggelar sebuah upacara guna menandai dimulainya produksi massal Mazda CX-60, di Hofu plant no.2, Yamaguchi Prefecture, Senin lalu (18/4). Upacara digelar oleh Mazda karena SUV ini sangat penting, mengukir sejarah baru.

Mazda CX-60 merupakan mobil SUV plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) pertama Mazda. Inilah model terpenting Mazda selama lebih dari satu decade. Flagship baru ini mewakili semua yang telah dibangun oleh perusahaan ke dalam DNA-nya selama 100 tahun terakhir, mulai dari desain eksterior dan interior yang luar biasa hingga pengerjaan terbaik Jepang, inovasi terbaru dalam teknologi-teknologi human-centric dan powertrain kelas dunia.

Teknologi-teknologi yang berpusat pada manusia (Human-centric technologies) telah dipikirkan kembali dan disempurnakan untuk menyempurnakan pengalaman berkendara Jinba-Ittai dan, lebih dari sebelumnya, memenuhi kebutuhan individu pengemudi. Sistem Personalisasi Pengemudi Mazda akan mengenali penghuni kursi pengemudi dan secara otomatis menyesuaikan lingkungan – posisi kursi, roda kemudi, kaca spion, HUD (head up display), bahkan pengaturan kontrol suara dan iklim – agar sesuai dengan fisik dan preferensi pribadi mereka.

All-new Mazda CX-60 PHEV memperkenalkan teknologi hybrid plug-in penuh ke pasar SUV Eropa dengan powertrain yang menggabungkan Skyactiv-G 2.5, bensin injeksi langsung (direct injection) 4-silinder dengan motor listrik besar 129 kW, transmisi otomatis 8-speed serba baru, dan baterai berkapasitas tinggi 355V, 17,8 kWh.

Kombinasi mesin dan motor listrik menghasilkan tenaga total system 327 PS dan torsi 500 Nm, menjadikannya mobil jalanan paling bertenaga yang pernah diproduksi Mazda. Sebaliknya, Mazda PHEV baru menampilkan kredensial lingkungan yang luar biasa: konsumsi bahan bakar minyak (BBM) gabungan WLTP hanya 188 mpg (80 km/liter) dan emisi CO2 gabungan WLTP hanya 33 g/km.

Mazda Motor Europe menuturkan bahwa mobil dapat melaju sejauh 63 kilometer hanya menggunakan tenaga motor listrik dengan kecepatan maksimal 100 kpj atau kurang dari itu.

Mazda CX-60 dibekali dengan beberapa system keselamatan aktif baru: See-Through View, merupakan monitor tampilan 360 derajat generasi berikutnya yang meningkatkan visibilitas saat berkendara pada kecepatan rendah;  Turn Across Traffic Assist; deteksi pejalan kaki SBS-R; Emergency Lane Keeping; i-Adaptive Cruise Control (i-ACC); serta BSM Vehicle Exit Warning.

Mazda CX-60 menganut arsitektur baru Skyactiv Multi-Solution Scalable Architecture yang menghadirkan berbagai peningkatan dan menawarkan dinamika berkendara sangat baik. Mengadopsi pendekatan human-centric, peningkatan-peningkatan ini termasuk kekakuan bodyshell (cangkang) yang memastikan pengemudi dapat merasakan respons kendaraan tanpa lag (jeda), kursi yang semakin memudahkan setiap penumpang untuk menjaga keseimbangan saat mobil bergerak, suspensi menstabilkan postur kendaraan saat mengemudi, dan sistem kontrol postur kendaraan unik Kinematic Posture Control (KPC).

Posisi baterai tegangan tinggi berada di antara as roda depan dan belakang dan serendah mungkin di dalam bodyshell memberikan Mazda CX-60 PHEV pusat gravitasi yang sangat rendah. Posisi baterai tersebut dikombinasikan dengan sistem penggerak semua-roda permanen (all-wheel drive) yang menggabungkan pembagi torsi ke axles guna memberikan karakteristik handling unggul yang setara dengan mobil-mobil terbaik di segmen premium.

Produksi massal Mazda CX-60 Eropa dimulai pada 15 Maret dan kapal yang membawa pengiriman pertama akan berangkat ke Eropa pada 26 April. Tersedia untuk dipesan sekarang, model Mazda CX-60 pertama akan tiba di Inggris akhir musim panas ini.

Upacara di Hofu sendiri dihadiri oleh sekitar 100 orang yang terlibat dalam produksi, termasuk para karyawan Pabrik Hofu, pemasok lokal, dan pejabat Prefektur Yamaguchi, serta beberapa pihak lain bergabung secara online. ##

Ikuti media sosial kita:
  • Dilihat 1801
  • Suka 1
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset