Meksiko Optimis Pulih Lebih Cepat dari Kelangkaan Chip Semikonduktor

Otoloka.id- Akibat kelangkaan chip semikonduktor tahun lalu, tahun ini bagi beberapa pengamat menjadi titik baliknya. Di beberapa negara industri manufaktur, pasokan chip semikonduktor mulai tersedia, termasuk di Amerika Latin, khususnya di Meksiko.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Mexican Automotive Industry Association (AMIA) pada hari ini (9/2). Lembaga tersebut, bahkan menyebutkan tingkat optimisme terhadap pasokan lebih tinggi ketimbang Amerika Serikat.

“Kami memperkirakan kekurangan semikonduktor akan stabil sepanjang tahun dan menjelang semester kedua mereka dapat kembali ke tingkat yang kami miliki sebelum pandemi," kata kepala AMIA Fausto Cuevas dalam konferensi pers, yang dikutip dari autoevolution.com.

Namun, optimisme tersebut nampaknya terbilang prematur. Pasalnya beberapa negara industri masih berusaha untuk pulih tidak dalam waktu dekat akibat kelangkaan chip semikonduktor. Apalagi, saat ini belum diketahui pasti apakah produksi chip semikonduktor meningkat atau tidak.

Meksiko menjadi negara industri manufaktur yang belum jadi pemain utama, dan bisa saja itu halk yang menyebabkan amannya pasokan chip semikonduktor saat ini, dan mampu untuk bangkit lebih cepat ketimbang negara manufaktur pemain besar.

Merujuk dari data ekspor otomotif Meksiko, justru malah terjadi penurunan di Januari 2022. Pada tahun 2021 malah menurun sebesar 2 persen ketimbang data ekspor di tahun 2020. Tapi hal tersebut menurut beberapa pengamat merupakan salah satu perubahan haluan dalam produksi kendaraan. Untuk pasar lokal misalnya.

"Tampaknya bagi saya bahwa setiap kali ada cukup pasokan (chip semikonduktor), pembuat mobil memulihkan tingkat kapasitas mereka sebelumnya sesegera mungkin," tambah Cuevas.

Sebelumnya, Cuevas juga sempat memprediskis bahwa kelangkaan chip semikonduktor akan mulai pulih pada periode akhir 2023 sampai awal 2024. Tetapi, hal tersebut memang harus dilihat lebih lanjut.

Untuk diketahui, produsen otomotif seperti Volkswagen, Audi, General Motors, dan Mitsubishi menjadi beberapa yang sangat bergantung pada kekuatan ekonomi Meksiko. Produsen tersebut tentunnya bergantung pada Meksiko untuk memenuhi permintaan pelanggan, yang saat ini masih menjadi krisis. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!